Home Jalan-Jalan Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun

Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun

by Rhobie

Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun merupakan objek wisata yang terletak di Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci - Desa talang Kemulun. Desa Talanng Kemulun tergolong desa yang unik, karena udara yang masih bersih juga masih bernuansa pedesaan yang daerahnya dikelilingi perbukitan. Air Terjun Talang Kemulun juga memiliki nama lain yaitu Air Terjun Lembah Khayangan. Bagi para traveler yang hoby masuk keluar hutan dan menikmati alam bebas maka destinasi yang satu ini sangat cocok dijadikan destinasi untuk liburan disamping jalur nya tidak begitu berat dan juga tidak terlalu jauh. Bahkan saat ini Kendaraan Roda dua pun sudah bisa sampai di lokasi (Air terjun Tingkat Satu).

Air terjun bisa menjadi pemandangan alam yang luar biasa, karena banyak tumpukan air di atas tetesan tipis dan menciptakan gumpalan uap dan auman yang menderu. Mereka juga dapat menyediakan kolam renang yang indah untuk berenang, serta mengubah area menjadi tenang dan harmonis. Karena air terjun adalah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat.

Desa Talang kemulun

Rumah Penduduk Desa Talang Kemulun

Akses menuju air terjun lembah khayangan talang kemulun

Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun menjadi destinasi yang ramai dikunjungi, apalagi saat weekend. Untuk menuju ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit perjalanan dari sungai penuh dengan menggunakan transportasi darat. Tidak membosankan karena sepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan juga oleh keindahan Danau Kerinci. Air terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun terdiri dari 12 tingkat, tapi untuk menjelajah seluruh tingkat harus membutuhkan persiapan yang matang karena aksesnya jarang dilewati, dan ada baiknya bagi yang hendak kesana agar membawa Guide/Pemandu khusus (Penduduk setempat).

Pada umumnya wisatawan mengunjungi air terjun ini hingga ke tingkat 3 atau 4. Setiap tingkatnya pasti memiliki sensasi yang berbeda. Dari kaki bukit di desa talang kemulun, wisatawan menelusuri perbukitan yang sebagiannya merupakan lahan pertanian penduduk setempat (Ladang Kopi / Kulit Manis). Akses menuju air terjun lembah khayangan talang kemulun memiliki tingkat kesulitan cukup mudah untuk pemula atau agan2 yang tidak suka dengan Hiking, namun bagi para penggemar hiking mungkin aksesnya sangat ringan. dan kita juga menemukan sungai-sungai yang jernih yang merupakan aliran air terjun.

Sungai Talang Kemulun

Membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam hingga 2 jam untuk menuju ke-tingkat satu. Dan sungguh pemandangan yang menakjubkan. Bagi teman-teman yang ingin menghabiskan waktu weekend, Air terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun merupakan destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Akses yang cukup ringan, dengan pemandangan yang mengagumkan. Dan saat ini Penduduk setempat berusaha mengoptimalkan potensi wisata yang satu ini dengan cara memperlebar jalan setapak untuk mempermudah perjalanan para wisatawan.

Namun, sekarang para wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua sampai ke Air Terjun Tingkat Satu, jika ingin menelusuri Air terjun yang lain maka wisatawan harus meninggalkan kendaraan di dekat Air Terjun Tingkat Satu di dekat Ladang warga.

Baca juga: Air terjun  Pancaro Rayo

Nikmati sensasi di air terjun talang kemulun

Pastinya Wisatawan menikmati keindahannya yang menakjubkan, Air Terjun yang unik dengan aliran air di tebing-tebing dan membuat air terjun seperti tirai alami yang terbentang. Jernih dan kesegaran airnya bagaikan magnet alam yang mengajak kita harus mandi bersama teman-teman sambil bernostalgia hingga yang tua tua pun lupa usia dan berasa masih muda dikarenakan asyiknya menikmati keindahan Air Terjun ini. Dengan keindahannya tak lupa untuk mengambil gambar sebagai momen untuk diceritakan kepada sahabat, keluarga, maupun mantan pacar.

Tips ke air terjun lembah khayangan

  1. Seperti biasa kita jangan lupa membawa bekal seperti nasi maupun snack agar perjalanan lebih seru. Bak Pepatah Anak Mudo Kincay 'Segalo Gawe tu Sudah Makan'.
  2. Bawalah pemandu jika itu diperlukan.
  3. Kondisikan cuaca, karena jalan licin jika hujan. Sebaiknya Treking ke Air Terjun saat cuaca cerah.
  4. Coba gunakan kendaraan untuk sampai ke lokasi, agar tidak terasa lelah. Namun jika ragu titiplah kendaraan di Rumah Warga.
  5. Air Terjun Tingkat Dua biasanya yang diburu Wisatawan.
  6. Berdoalah sebelum melakukan perjalanan.
  7. Jangan Takabur.
  8. Nikmatilah bertemu dengan orang orang baru.....

Tunggu apa Lagi ?????? Happy trekking...

Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun

You may also like

Leave a Comment