Home Jalan-Jalan Air Terjun Pancaro Rayo Kerinci

Air Terjun Pancaro Rayo Kerinci

by Rhobie
0 comment

Air Terjun Pancaro Rayo Kerinci – Memang wajar Kerinci dijuluki sebagai negeri wisata. Tak jauh dari kota Sungai Penuh terdapat Air Terjun pancuran rayo dengan ketinggian lebih kurang 150 Meter. Air Terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Kerinci – Jambi. Lokasi Air Terjun Pancaro Rayo terdapat Desa Pulau Tengah. Objek wisata yang tersembunyi jauh di dalam hutan yang membuat air pada air terjun ini masih alami dan segar.

Air Terjun Pancaro Rayo Kerinci

Air terjun pancaro rayo dipagari bukit barisan dan dihiasi pepohonan-pepohonan rindang. Udara disini masih segar dibandingkan udara di bisingnya kota-kota. Apalagi bagi penikmat alam pasti juga akan merasakan sensasi alam hijau yang asri. Hilangkan lelah penat saat menelusuri jalan yang lumayan jauh untuk sampai ke air terjun ini.

Tongkrongin Juga: Danau Lingkat Kerinci

ayonongkrong.com

Cerita rakyat tentang misteri air terjun pancaro rayo

Cerita rakyat tentang mister air terjun pancaro rayo Bagi keyakinan masyarakat setempat, dahulu kala 5000 tahun silam, air terjun pancuran rayo itu sesungguhnya tempat pemandian tujuh bidadari. Serta hingga saat ini tempat itu masih kerap nampak wujud perempuan yang menawan berbaju merah. Disitu pula kerap orang tersesat sebab terlena dengan keelokan bidadari, semakin didekati semakin bidadari itu menghindar menjauh seperti fatamorgana.

Tongkrongin juga: Rawa Bento The Amazone of Kerinci

ayonongkrong.com

Di tahun 1980 sempat seorang pernah menemukan selendang diatas batu besar air terjun tesebeut. Kemudian cerita mistis yang lain dahulu disebelah kiri air terjun terdapat bunga mawar gelap. Apabila kita membawa pulang bunga itu akan berganti menjadi daun kering sesampai di rumah. Tetapi bunga itu tidak tampak lagi, ujar penduduk setempat.

Pada era penjajahan belanda dahulu terdapat seorang pemuda yang bernama Sultan Malik tinggal di air terjun itu selama 43 tahun. Tadinya, ia sempat menceritakan bahwa air terjun itu memiliki pintu ajaib. Tapi katanya kita susah buat masuk kedalam, sebab air nya yang sangat kokoh menjaga pintu tersebut, begitupula angin yang menjadi penjaganya sehingga kita susah masuk kedalam.

Tongkrongin Juga: Gunung Kunyit Kerinci

ayonongkrong.com

Diberitakan di dasar air terjun itu terdapat lubang serta terdapat emas. Hingga saat ini tidak satupun yang mampu mengambilnya. Itulah kepercayaan bagi masyarakat setempat tentang misteri air terjun pancaro rayo di Pulau tengah.

Jalan menuju Air terjun Pancaro Rayo

Jalan menuju Air terjun Pancaro Rayo Kerinci - Terletak di desa Pulau tengah sekitar 15Km dari Kota Sungai Penuh. Dari Desa Pulau tengah kita harus berjalan kaki memasuki hutan untuk menuju lokasi. Perjalanan didominasi oleh jalan tanah dan bebatuan yang membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam dan itupun tergantung dengan kondisi level fisik kita masing-masing.

Tongkrongin Juga: Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun

ayonongkrong.com

Dalam perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah di kaki bukit. Kita juga dapat melihat danau kerinci dari kejauhan. Setelah mendaki sekitar 1 jam, kita akan bertemu jalanan menurun yang berujung pada sebuah sungai. Di sungai ini kita bisa istirahat sejenak sambil foto-foto. Sungai ini dangkal, hanya semata kaki dan lebarnya lebih kurang 3 Meter. Berjalan lagi sekitar kurang 1 jam maka sampailah di Air Terjun Pancaro rayo yang sangat elok.

Hal Yang dinikmati

Dengan pemandangan yang takjub di air terjun pancaro rayo, pastinya foto-foto tidak akan ketinggalan. Disini wisatawan juga bisa mandi bagi yang hoby main air, dan juga makan-makan di alam bebas yang pastinya dengan sensasi yang berbeda

Tips dan Trik

  • Tidak terdapat fasilitas apapun di lokasi air terjun pancaro rayo, jadi pastikan kita membawa bekal yang cukup
  • Bawalah pemandu bila diperlukan
  • Jangan buang sampah sembarangan
  • Bagi yang tidak tahan dingin, bawalah baju ganti agar terhindar dari apa yang tidak diinginkan
5/5 (1 Review)

You may also like

Leave a Comment