Home Komputer & Tutorial Bahasa pemrograman populer untuk dipelajari

Bahasa pemrograman populer untuk dipelajari

by Rhobie
Bahasa pemrograman populer untuk dipelajari

Bahasa pemrograman populer untuk dipelajari - Ada banyak bahasa pemrograman namun ada pula beberapa bahasa pemrograman yang memaksa pengembang untuk mengembangkannya lagi. Github menjadi platform pengembangan perangkat lunak terbaik di dunia. Di artikel ini akan dijelaskan 10 daftar bahasa pemrograman populer untuk dipelajari menurut github.

Github merupakan komunitas para pengembang terbesar diseluruh dunia. Disana mereka berbagi pengalaman, masalah, source code, solusi dan masih banyak lagi. Jadi ini membuat informasi github lebih handal dan terpercaya. Setiap tahun jutaan orang bergabung dengan github dan menyumbangkan upaya merekea di dunia pemrograman

10 Daftar bahasa pemrograman populer untuk dipelajari menurut github

1. Javascript

javascript

Javascript berhasil berada pada posisi pertama di komunitas github. Bahasa ini jelas merupakan yang didepan dalam hal pengembangan sebuah website. Javascript membuat halaman web terlihat dan terasa lebih cari. Mungkin inilah alasan mengapa ini digunakan oleh jutaan pengembang di luar sana dan juga telah berhasi dihitung ke dalam daftar 10 bahasa pemrograman terbaik menurut github. Sekarang, javascript juga dianggap sebagai salah satu bagian paling integral dari internet seperti yang digunakan di hampir setiap situs web lainnya. Saat ini belajar java script sama pentingnya dengan belajar html dan css. Jadi jika kita memiliki rencana untuk menjadi seorang pengembang website mungkin javascript salah satu solusinya.

2. Java

java

Bahasa pemrograman java pasti tidak asing lagi di kalangan programmer. Java adalah salah satu bahasa yang paling disukai dalam pengembangan android. Bahasa pemrograman java sangat populer, bahkan banyak perusahaan-perusahaan menyewa programmer yang  yang memiliki spesialisasi khusus dalam bahasa pemrograman ini.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (PBO) yang memiliki peluang kerja tertinggi dan masih terus berkembang hingga saat ini. Java digunakan untuk aplikasi android, aplikasi web, pengolahan data berskala besar, pengembangan game dan masih banyak lagi

Sekilas tentang mikrotik

3. Phyton

Phyton

Phyton seperti nama ular, nama yang sangat aneh. Phtyron menjadi bahasa pemrograman yang paling dicintai. Para pengembang sangat menyukainya karena phyton diklaim sebagai salah satu bahasa yang langka unik sederhana namun sangat powerfull. Phyton adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang kini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang di dunia.

Phyton sangat terkenal karena kesederhanaannya, pemrograman berorientasi objek, memiliki sumber-sumber pustaka yang sangat luas. Dan banyak komunitas-komunitas tempat belajar bahasa pemrograman yang satu ini.

4. PHP

php

Jika kita belajar pengembangan back-end maka pasti kita sering mendengar tentang bahasa pemrograman yang satu ini. PHP adalah singkatan dari Hypertext Prepocessor. Bahasa ini bertanggung jawab untuk menangani data di server bahkan juga untuk membuat sebuah website. Bahasa pemrograman yang sangat sederhana, cepat, dan opensource. Banyak perusahaan menyewa pengembang/programmer yang memiliki skill bahasa pemrograman PHP. Jadi jika kita terjun dalam pengembangan website maka PHP adalah bahasa pemrograman yang harus dipelajari.

Cara membuat virus komputer

5. C++

C++

Ini adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang banyak digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak dan bebas dari virus. Programmer juga bisa membangun sistem operasi menggunakan C++. Bahasa ini sangat popularitas sehingga menjadi daftar 10 Bahasa pemrograman terpopuler di dunia.

6. C#

C#

Bahasa Pemrograman C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. C# mampu menghasilkan beberapa perangkat lunak yang handal dan aman yang dapat berjalan di platform windows. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat aplikasi berbasis windows dan banyak lagi. Kita juga dapat melakukan pengembangan game dengan bahasa ini.

7. TypeScript

Typescript

TypeScript dibuat oleh Microsoft dan dengan sintaks dan semantik yang serupa, ini terkait erat dengan JavaScript. Bahasa Pemrograman opensource yang dihargai oleh pengembang di seluruh dunia. TypeScript juga menawarkan serangkaian fitur seperti interfaces, Namespaces, dan banyak lagi.

8. Shell

Shell

Shell bukanlah bahasa pemrograman namun adalah skrip yang dirancang untuk menginstruksikan sistem operasi untuk menjalankan perintah tertentu. Ini termasuk program komputer yang dirancang untuk dijalankan ileh shell Unix, dengan bantuan program ini kita dapat memanipulasi file, menjalankan program dan melakukan lebih banyak hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Terutama sangat populer dengan administrator sistem di Github akhir-akhir ini

9. C

C Prog

Sebelum memahami konsep bahasa pemrograman C++, jika kita terbiasa dengan bahasa C maka itu akan menjadi keuntungan besar buat kita. Meskipun bahasa C bukan bahasa pemrograman berorientasi objek tetapi dibeberapa negara itu diajarkan terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa C++. Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Mr. Dennis Ritchie. Ini adalah bahasa pemrograman yang cepat, dapat diandalkan, mudah, prosedural dan diketik sercara statis.

10. Ruby

Ruby

Yang terakhir bahasa pemrograman populer untuk dipelajari adalah Ruby. Ruby merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, dikembangkan oleh Yukhiro Matsumoto pengembang software dari jepang. Bahasa ini sangat mampu beroperasi dihampir semua platform seperti UNIX, Windows, Mac OS, dan DOS. Ruby adalah bahasa pemrograman opensource, memiliki sintaks yang mirip dengan C++ dan sangat mudah dihubungkan.

Baca Juga: Cara mengamankan mikrotik

Bahasa pemrograman seemuanya populer, powerfull, yang terpenting adalah kita mampu menguasai salah satu dari bahasa pemrograman yang paling kita sukai agar menjadi seorang programmer yang handal. Jika ada sarannya atau komentar silahkan tinggalkan komentar yang telah disediakan. Happy sharing and learning......

5/5 (2 Reviews)
Summary
Review Date
Reviewed Item
Komputer & Tutorial
Author Rating
51star1star1star1star1star

You may also like

Leave a Comment