Home Komputer & Tutorial Cara Membuat Aplikasi 32-Bit Bekerja di Windows 64-Bit

Cara Membuat Aplikasi 32-Bit Bekerja di Windows 64-Bit

by Rhobie
Cara Membuat Aplikasi 32-Bit Bekerja di Windows 64-Bit

Cara Membuat Aplikasi 32-Bit Bekerja di Windows 34-Bit: Sistem Windows pertama menggunakan kernel berbasis MS-DOS 16-bit untuk menjalankan shell grafis untuk mengakses layanan sistem. Informasi dalam artikel ini akan dapat diakses dan mudah dipahami. Anda mungkin pernah mengalami beberapa masalah saat menjalankan aplikasi 32-bit dalam versi Windows 64-bit. Jika demikian, baca terus untuk mengetahui mengapa ini terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Menhgapus Virus Komputer Menggunakan CMD

Beberapa Konsep yang Perlu diperhatikan

Fakta sederhananya adalah Anda seharusnya tidak mengalami masalah ini sejak awal. Windows memiliki emulator yang jika berfungsi dengan benar menyediakan lingkungan yang diperlukan agar aplikasi 64 dan 32-bit berjalan normal. Emulator ini (WOW64) memisahkan aplikasi 32-bit dari yang 64-bit untuk mencegah tabrakan file dan / atau registri. Pada catatan teknis, proses 32-bit tidak dapat menjalankan DLL 64-bit, jadi ini mungkin menyebabkan masalah Anda.

Yang perlu diingat adalah Anda mungkin benar-benar menjalankan aplikasi 16-bit, yang pasti tidak akan berfungsi. Cara cepat untuk memeriksa apakah suatu program 16-bit adalah dengan menavigasi ke lokasinya di komputer Anda. Klik kanan padanya dan pilih Properties dari menu drop-down. Jika tab properti memiliki tab "Versi" atau "Versi Sebelumnya", itu bukan aplikasi 16-bit.

Membuat Aplikasi Sesuai Dengan Versinya

Hal pertama yang harus Anda coba ketika Anda menjalankan perangkat lunak yang memiliki masalah kompatibilitas adalah menjalankannya dalam Mode Kompatibilitas. Ada beberapa masalah yang diperbaiki secara realistis saat ini, tetapi itu adalah fitur yang sangat berguna ketika Windows 95 digantikan oleh NT.

Untuk menjalankan aplikasi dalam Mode Kompatibilitas, navigasikan ke dalam file explorer dan klik kanan. Sama seperti di atas, klik Properties dari menu. Di bawah Properti, klik pada tab Kompatibilitas. Klik kotak yang mengatakan "Jalankan program ini dalam mode kompatibilitas untuk:" dan pilih versi Windows yang ingin Anda gunakan. Kemudian, klik Terapkan dan coba jalankan aplikasi Anda. Seharusnya hanya ada beberapa opsi, jadi cobalah untuk membahas semuanya.

Membuat aplikasi 32bit menjadi 64bit

Aktifkan Aplikasi 32-Bit

Untuk menjadi menyeluruh, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi 32-bit diaktifkan di layanan Windows Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Mulailah dengan mengakses Fitur Windows dengan mengetikkan "windows features".
  2. Centang kotak yang membaca Layanan Informasi Internet dan klik OK. Diperlukan satu menit untuk menginstal fitur ini
  3. Luncurkan IIS Manager dengan mengetikkan "internet information services" di kotak pencarian Windows dan memilih yang paling cocok.
  4. Anda akan melihat nama komputer Anda di jendela kiri, perluas dan klik Kolam Aplikasi.
  5. Di jendela kanan, klik kanan pada DefaultAppPools dan pilih Pengaturan Lanjutan.
  6. Pilih "Aktifkan Aplikasi 32-bit" dan ubah dari False ke True.
  7. Klik OK dan restart komputer Anda.

Setelah Anda menyelesaikan ini, coba jalankan aplikasi lagi. Jika WOW64 Anda berfungsi dengan benar, ini seharusnya tidak perlu tetapi telah terbukti efektif dalam beberapa kasus.

Baca Juga: Cara Mengunci dan Membuka Kunci Komputer Dengan Flashdisk Seperti Hacker

Program File Yang Tidak Benar

Program yang lebih lama kadang-kadang mendapatkan instalasi yang campur aduk dan file bisa terletak di folder yang salah. Hal ini sangat sulit dideteksi karena instalasi tampaknya telah selesai tanpa hambatan.
Pada Windows versi 64-bit, semua aplikasi 64-bit diinstal di folder "Program Files (x86)". Ini termasuk semua file yang terkait dengan aplikasi yang diinstal. Namun, program 32-bit berakhir di folder terpisah berjudul "Program Files." Jika path salah dikodekan dalam instalasi, aplikasi mungkin telah menginstal di folder yang salah.

Memperbaiki ini harus mencakup pengeditan beberapa kode instalasi tetapi Anda tidak harus melakukan itu, dan Anda mungkin tidak bisa mendapatkan kode sumbernya. Untuk solusi sementara, cukup temukan file yang diinstal dan salin secara manual ke folder "Program Files".

Ini hanya beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi ketika menjalankan aplikasi 32-bit. Tetapi sekali lagi, tidak dapat ditekankan cukup bahwa ini seharusnya tidak pernah terjadi, karena ada langkah-langkah untuk mencegahnya. Jauh lebih mungkin bahwa Anda berurusan dengan beberapa masalah kompatibilitas lainnya. Jika Anda sangat yakin bahwa register menyebabkan masalah, mulailah dengan solusi yang diuraikan dalam artikel.

Adakah metode dalam artikel ini yang bermanfaat? Apa yang membuat Anda yakin bahwa register 32-bit benar-benar yang menyebabkan masalah Anda? Bagikan alasan Anda dalam komentar di bawah.

5/5 (1 Review)

You may also like

Leave a Comment