Home Komputer & Tutorial Cara Membuka File dari Command Prompt

Cara Membuka File dari Command Prompt

by Rhobie
Cara membuka file dari command prompt atau cmd

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Command Prompt atau CMD pada Windows. Di artikel ini akan dijelaskan cara membuka file dari command prompt atau cmd. Namun, ini adalah salah satu aplikasi yang paling kurang dimanfaatkan yang bahkan beberapa pengguna tidak pernah membukanya. Antarmuka Command Prompt (CMD) mungkin terlihat sedikit mengintimidasi karena baris perintah, sintaks / kode tertentu, dan kurangnya antarmuka grafis yang dapat diklik.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi 32-bit bekerja di 64-bit

Namun, tidak ada yang perlu ditakutkan, memasukkan kode / perintah yang salah tidak akan mengacaukan PC Anda, perintah itu tidak akan dijalankan. Anda harus tahu bahwa tindakan tertentu jauh lebih cepat melalui Command Prompt - akses file, misalnya.

Artikel ini akan menjelaskan semua perintah yang diperlukan untuk membuka file, menutupnya, membuka folder, dan pindah ke folder. Plus, ada bagian khusus untuk menjalankan program melalui Command Prompt.

Membuka FIle dengan CMD (Command Prompt)

Catatan: Semua penjelasan berikut menganggap Anda sudah membuka Command Prompt. Ketik Cmd di pencarian Windows dan klik pada aplikasi di hasil untuk menjalankannya.

Baca Juga: Cara Menghapus Virus Menggunakan CMD

Untuk mengakses file secara langsung, Command Prompt mengharuskan Anda memasukkan jalur tertentu. Ini berarti Anda harus memasukkan nama file dan ekstensi masing-masing. Ini adalah sintaks dari perintah: path-to-folder FileName.FileExtension.

Sebagai contoh, perintah Anda akan terlihat seperti ini: " L:\1.JPG ". File terbuka di aplikasi default, tetapi Anda juga dapat menetapkan aplikasi lain untuk membukanya. Berikut ini adalah sintaks perintah: Path-to-app app-EXE-name path-to-file FileName.FileExtension.

Membuka FIle dengan CMD

Berikut ini adalah perintah yang tepat: "C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop CC 2018\ Photoshop.exe" "C:\Users\Server\Desktop\1.jpg". Tentu saja, ini hanya sebuah contoh dan jalur berbeda berdasarkan tujuan file / ekstensi dan aplikasi yang ingin Anda jalankan.

Menutup Aplikasi dengan CMD (Command Prompt)

Perintah untuk menutup aplikasi bahkan lebih sederhana dan mengikuti sintaks taskkill / im filename.exe / t. Namun harus anda ketik perintah "tasklist" terlebih dahulu untuk melihat daftar aplikasi yang ingin di kill. Contoh perintah dapat berupa: taskkill / im SnippingTool.exe / t.

Menutup Aplikasi dengan CMD

Perintah ini menutup semua file yang terbuka, bahkan jika mereka berjalan di aplikasi yang berbeda seperti Microsoft Word atau IrfanView. Jadi, Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati, untuk menghindari kehilangan kemajuan atau data Anda.

Baca Juga: Cara mengunci komputer dan membukanya dengan flashdisk

Cara Membuka Folder Menggunakan CMD

Perintah ini untuk membuka folder mengikuti sintaks ini: "start %windir%\explorer.exe path-to-folder". Sebagai contoh: "start %windir%\explorer.exe C:\Users\Server\Desktop". Silahkan sesuaikan dengan Partisi (Path) nya.

Penting untuk dicatat bahwa perintah untuk membuka file dan folder berfungsi tanpa hak administrator. Anda harus menyertakan path file atau folder dalam tanda kutip ganda karena mereka memiliki nama tertentu dengan spasi di antaranya. Di sisi lain, jika tidak ada spasi dalam nama perintah dijalankan tanpa tanda kutip ganda.

Memindahkan Folder Menggunakan CMD

Perintah "cd" digunakan untuk menavigasi ke folder yang berisi file yang Anda cari. Sintaksnya sederhana dan terlihat seperti ini: cd path-to-folder. Contohnya mungkin: cd C:\Users\Server\Desktop.

Ketika Anda masuk ke dalam folder, ketik nama file yang Anda cari bersama dengan ekstensi masing-masing dan tekan Enter.

Menjalankan Program-Program Dasar Menggunakan CMD

Seperti yang ditunjukkan, Anda dapat menjalankan program apa pun dengan perintah sederhana dan agar ini berfungsi, Anda mungkin memerlukan hak administratif. Sintaks untuk menjalankan program dasar adalah: start program_name. Inilah daftar perintah yang mungkin berguna bagi Anda:

  1. start calc (calculator)
  2. start notepad
  3. start explorer (File Explorer)
  4. start cmd (new Command Prompt window)
  5. start wmplayer (Windows Media Player)
  6. start mspaint (Paint)
  7. start taskmgr (Task Manager)
  8. start charmap (Character Map)

Tekan Enter ketika Anda mengetik perintah dan program yang diberikan akan muncul sebentar lagi. Anda harus memastikan ada ruang antara bagian "mulai" dan nama program, tetapi meskipun demikian, beberapa aplikasi mungkin tidak berjalan. Ini biasanya berarti folder mereka tidak ada di jalur pencarian dari Command Prompt.

Triks Command Prompt

Jika Anda menggunakan sintaks perintah 1 && perintah 2, ini memungkinkan Anda untuk mengeksekusi dua perintah berbeda satu demi satu. Misalnya, mspaint && ipconfig membuka cat, lalu konfigurasi.

Baca Juga: Cara mengembalikan data yang terhapus

Untuk melihat driver apa yang berjalan pada PC Anda, ketikkan driverquery dan tekan Enter. Dan apa yang terbaik tentang perintah, Anda dapat mengirimnya ke clipboard dengan mengetikkan ipconfig | klip. Dengan cara ini Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyalin dan menempelkan perintah yang mungkin sering Anda gunakan.

Membuka file melalui Command Prompt jauh lebih cepat daripada menavigasi melalui semua folder di komputer Anda. Anda perlu mengetahui jalur / lokasi file yang tepat, tetapi Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan File Explorer di komputer Anda.

5/5 (1 Review)

You may also like

Leave a Comment