Home Komputer & Tutorial Cara Menghapus Virus Komputer Menggunakan CMD

Cara Menghapus Virus Komputer Menggunakan CMD

by Rhobie
Cara Menghapus Virus Komputer Menggunakan CMD

Cara Menghapus Virus Komputer Menggunakan CMD - CMD sangat berguna, dan bahkan dapat membantu Anda menyingkirkan virus komputer. inilah cara menghapus virus komputer menggunakan Command prompt

Kata 'virus' selalu terdengar menyakitkan, virus adalah sesuatu yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menginfeksi komputer Anda. Virus dapat masuk ke komputer Anda dari berbagai sumber seperti USB / Flash drive, media eksternal dan melalui internet. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia di internet yang mengklaim dapat melindungi komputer Anda dari serangan virus besar.

Baca Juga: Cara mengunci dan membuka kunci komputer dengan flashdisk seperti hacker

Bagaimana jika dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghapus virus komputer tanpa menginstal solusi antivirus apa pun? Ini dimungkinkan, berkat command prompt. CMD sangat berguna, dan bahkan dapat membantu Anda menyingkirkan virus komputer. Sebagian besar dari kita bergulat dengan virus seperti autorun.inf, newfolder.exe, randomname.ext, dll.

Cara menghapus virus komputer menggunakan CMD

Virus dapat menyembunyikan diri dan dapat ditemukan di dalam file, program, dan hampir semua hal yang Anda unduh dari internet. Oleh karena itu, berikut ini adalah trik mudah yang akan membantu Anda menghapus virus komputer menggunakan Command prompt.

  • Buka CMD (Command Prompt) di komputer windows Anda dan jalankan sebagai administrator (Klik kanan pada CMD dan kemudian Jalankan sebagai Administrator).
Cara menghapus virus komputer
Buka CMD Run as Administrator
  • Sekarang ketikkan nama drive, misalnya, Anda perlu memindai drive D: lalu ketik D: dan tekan enter.
CMD (Command Prompt)
  • Kita perlu mengetik ‘attrib‘ dan kemudian tekan enter. Ini akan mencantumkan semua file di dalam drive saat ini, pada gambar di bawah ini Anda dapat melihat virus autorun.inf terdaftar
  • Di sini kita perlu mengetikkan perintah berikut ‘attrib -r -a -s -h *. *‘ Dan kemudian tekan Enter. Perintah ini pada dasarnya menghapus atribut Read Only, Archive, System dan hidden file dari semua file

-r adalah untuk menghapus file read-only
-a adalah untuk menghapus file archive
-s adalah untuk menghapus file sistem
-h adalah untuk menghapus file yang tersembunyi
*.* adalah untuk semua file dengan semua jenis ekstensi file

Baca Juga: Cara membuat password pada flashdisk

  • Setelah menghapus atribut, saatnya untuk menghapus file. Sekarang ketik del autorun.inf dan kemudian tekan Enter

Cara diatas dapat menghapus virus menggunakan prompt perintah jika Anda ingin menghapus virus dari USB drive, kemudian ikuti prosedur yang sama, tetapi pastikan untuk mengubah nama drive seperti yang disebutkan dalam langkah nomor 2. Semoga Anda menyukai artikel ini, bagikan dengan orang lain juga.

5/5 (1 Review)

You may also like

Leave a Comment