Home Komputer & Tutorial Cara Mudah Mengamankan Router Wifi Rumah

Cara Mudah Mengamankan Router Wifi Rumah

by Rhobie

Cara Mudah Mengamankan Router Wifi Rumah: Ancaman keamanan pada router selalu bermunculan beriringan berkembang dan majunya ilmu dan pengetahuan. Jadi selalu penting untuk memastikan bahwa tindakan pencegahan pembobolan password router harus ditindaklanjuti.

Sebagai contoh jaringan di Rumah kita yang bisa menjadi gerbang untuk eksploitasi oleh peretas atau disebut cracker. Bayangkan apa yang terjadi jika jaringan kita dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Langkah-langkah berikut agar router terkonfigurasi dengan aman.

Baca Juga: Cara meningkatkan kecepatan download pada google chrome

1. Uji Otentikasi Router Wifi Anda

Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar router memungkinkan administrator mampu mengkonfigurasi dari jarak jauh melalui berbagai protokol. Terkadang port ini dibiarkan terbuka secara default. Oleh karena itu pastikan untuk menonaktifkan port yang tidak kita gunakan.

Baja Juga: Cara membuat folder transparan pada windows

2. Jalankan uji kerentanan untuk router anda

Jika kita mencari tools pemindai kerentanan pada halaman web, kita akan menemukan banyak tools yang mengotomatiskan pencarian kerentanan yang bahkan mungkin menyertakan opsi dan saran tentang cara memperbaiki masalah potensial ini, pemindai kerentanan sering melakukan tes yang mencakup eksploitasi kerentanan di port yang dikenal, domain berbahaya dan repustasi server DNS, mudah untuk mendapatkan kata sandi dll.

3. Perbarui perangkat wifi rumah

Baru-baru ini peneliti keamanan telah menemukan kerentanan yang memungkinkan peretas untuk mencegat lalu lintas yang dihasilkan antara perangkat yang terhubung ke titik akses di jaringan wifi. inilah yang memungkinkan orang jahat untuk mencegat komunikasi, menginstal malware atau mengubah halaman web.

Oleh karena itu, penting untuk memperbarui perangkat jaringan rumah yang terhubung ke jaringan. penting untuk menginstal firmware yang terbaru untuk router kita.

Baca Juga: cara menyembunyikan file dalam gambar

4. Periksa perangkat yang terhubung ke jaringan wifi anda

Peretas dapat menggunakan protokol yang rentan untuk mendapatkan akses ilegal ke jaringan wifi. yang terburuk adalah perangkat yang tidak dikenal dapat tetap tehubung selama yang diinginkan. Karena itu, disarankan untuk sering memeriksa perangkat yang terhubung ke jaringan wifi anda. Kita juga perlu mengelola router dengan mengkonfigurasi filter berdasarkan alamat IP ata Mac.

5. Aktifkan Opsi Kemanan

Tidak masalah jenis router apa yang digunakan, disarankan untuk mengaktifkan opsi keamanan atau firewall yang tersedia pada router. Peneliti kemanan menyarankan untuk mengaktifkan firewall yang sengaja dirancang untuk keamanan router itu sendiri.

Demikianlah cara terbaik untuk mengamankan router wifi. Semoga bermanfaat!!!

Summary
Cara mudah mengamankan router wifi
Article Name
Cara mudah mengamankan router wifi
Description
Cara Mudah Mengamankan Router Wifi Rumah: Ancaman keamanan pada router selalu bermunculan beriringan berkembang dan majunya ilmu dan pengetahuan. Jadi selalu penting untuk memastikan bahwa tindakan pencegahan pembobolan password router harus ditindaklanjuti.
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment