Home Featured Cara Survival Di Alam Bebas

Cara Survival Di Alam Bebas

by Rhobie
cara survival di alam bebas

Seperti halnya kita semua suka berkemah dan menjelajahi alam bebas, petualangan di hutan belantara bukan tanpa risiko menuntut kita harus terampil bagaimana cara survival di alam bebas. Bahkan rencana yang telah dipersipakan dengan baik bisa gagal karena kondisi yang tidak terduga dan cuaca yang tidak terduga. Cara Survival di Alam Bebas merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan saat kita melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung dll. Dan ada baiknya kita mempelajari bagaimana Cara survival di alam bebas keterampilan bertahan hidup ketika kita pergi menjelajah hutan sehingga kita akan selalu siap menghadapi segala kondisi yang terjadi diluar dugaan kita.

Baca Juga: Tips Hiking untuk pemula

Ini bukan keterampilan yang membutuhkan peralatan mahal. Kiat-kiat ini dapat dicapai melalui segala sesuau yang biasa ditemukan di alam.

Banyak orang ingin menikmati liburan mereka di gunung. Meskipun banyak hal untuk dilihat dan dinikmati di atas gunung, ada juga beberapa bahaya yang harus diwaspadai, terutama jika kita tersesat. Bahkan jika kita adalah pendaki gunung berpengalaman, kita mungkin masih tersesat dan perlu tahu cara bertahan hidup. Di artikel ini dimaksudkan hanya pengantar bagaimana persiapan kita saat hendak mendaki gunung.

Cara Survival di Alam Bebas

Perhatikan Apa yang ada di ransel kita

Sebelum ke gunung, sangat penting untuk memastikan ransel berisi semua persediaan yang diperlukan selama perjalanan.

  • Buat rencana perjalanan yang terperinci dan pastikan bahwa setiap orang yang bepergian bersama Anda memiliki salinannya. Rencana ini juga harus mencakup titik pertemuan jika terjadi sesuatu yang menyebabkan Anda terpisah dari grup.
  • Selain memiliki persediaan pertolongan pertama, satu atau lebih orang dalam kelompok tersebut harus dilatih tentang cara menangani keadaan darurat medis. Ini juga akan sangat membantu jika orang ini tahu cara menggunakan obat-obatan alami.
  • Cobalah bepergian dengan setidaknya 2 orang. Tidak disarankan bepergian sendirian.
  • Setiap pendaki gunung memiliki ransel sendiri yang dilengkapi dengan perlengkapan survival dasar. Ini harus mencakup kompas, peta, cermin, kotak P3K kecil, peluit, senter, ponsel atau satelit yang terisi penuh (dengan nomor telepon darurat).
  • Penting untuk selalu membawa makanan atau air meskipun hanya melakukan hiking satu hari.
  • Bawa sleeping bag dan tenda.

Pastikan Teman anda mengetahui bahwa anda sedang mendaki gunung

Merencanakan rute di pegunungan tidak lebih dari memberi gambaran yang jelas tentang medan yang akan Anda lalui. Rencana kita adalah alat utama untuk bertahan hidup. Beritahu seseorang yang anda percayai bahwa anda sedang berada di gunung.

  • Tinggalkan informasi tentag rute
  • Periksa ramalan cuaca untuk daerah yang akan dikunjungi
  • Biarkan orang lain tau dimana keberadaan kita agar jika dalam situasi darurat mereka bisa cepat memberikan bantuan

Pelajarilah Tanaman Lokal Terlebih Dahulu

Di mana pun kita berada di dunia, setiap ekosistem lokal memiliki sejumlah tanaman yang dapat menyebabkan bahaya serius saat disentuh atau dicerna. Sebuah ide yang baik untuk menghindari tanaman apa pun yang  tidak dikenal, karena daun kecil dapat menyebabkan kerusakan besar. Sebelum berkemah atau backpacking, pelajari tentang tanaman agar kita mengetahui mana tanaman yang bisa dikonsumsi dan mana tanaman yang berbahaya.

Baca Juga: Kebun Teh Kayu Aro destinasi pesona alam yang asri

Bawa Lakban saat camping di alam bebas

Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di hutan belantara, tetapi mudah untuk menyelipkan lakban di ransel kesayangan sebelum pergi. Lakban dapat melakukan hampir semua hal, dari menghentikan kebocoran hingga membantu mencegah lecet, menambal kain tenda yang robek dan memperbaiki tali ransel.

Perhatikan Ransel dalam segala kondisi

Sekalipun kita telah memprediksi cuaca, tapi cuaca dapat berubah lebih cepat dari yang diperkirakan. peralatan yang disimpan di ransel bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati. Jadi penting untuk menjaga isinya sekering mungkin selama perjalanan. Sementara ransel waterproof adalah opsi yang paling dapat diandalkan. Plastik sampah juga merupakan pendekatan yang efektif untuk menjaga barang selalu kering. Kemaslah semua peralatan di dalam plastik saat packing.

Baca Juga: Masjid Tua di Kerinci

Jaga Sepatu agar tetap kering

Kita bisa menghindari genangan air dan aliran air, tetapi sepatu basah terkadang tidak dapat dihindari. Dan tidak ada yang lebih buruk daripada berhadapan dengan sepatu basah keesokan paginya. Jika sepatu lembab atau basah selama perjalanan, jangan khawatir -, isilah sepatu dengan pakaian kotor yang kering dan biarkan menyerap kelembabannya semalaman. Koran juga bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu. Tetapi jika lupa membawa kertas di ransel, kita pasti selalu memiliki pakaian kotor.

Membawa Lilin

Lilin sangat berguna saat di hutan belantara. Saat kita berhenti untuk berkemah di malam hari, api unggun dapat memberikan kenyamanan dan keamanan. Tapi menyalakan api unggun bukanlah hal yang mudah saat cuaca hujan. Lilin menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh dan menjadi alat penerang. Lilin mudah dikemas dan mudah menyala. Bahkan ketika kondisi cuaca hujan, mereka tetap menyala.

Menyangkal nyamuk secara alami

Gigitan nyamuk dapat mengubah suasana camping menjadi bencana yang tidak nyaman. Namun, sebagian besar obat nyamuk bermerek biasanya penuh bahan kimia dan berpotensi beracun bagi manusia. Cara terbaik untuk mengusir nyamuk tanpa merusak tubuh adalah dengan menggunakan ramuan wangi, termasuk sage, mint, dan thyme. Menerapkan minyak atau lotion langsung ke kulit dapat membantu mencegah gigitan nyamuk, api unggun juga dapat membantu menjaga nyamuk agar tidak terlalu ramah. Ini sederhana, namun sangat penting.

Jangan lupa membawa pasta gigi

Ada baiknya membawa pasta gigi saat berkemah. Pasta gigi tidak hanya menjaga gigi, gusi, dan napas tetap segar, tetapi juga dapat membantu hal lainnya. Pasta gigi dapat memberikan bantuan besar untuk kondisi kulit seperti gigitan serangga dan ruam ringan. Ketika pasta gigi dioleskan ke kulit, ini akan membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan dan rasa gatal. Aroma mint juga akan membantu menangkal hama lain dan mencegah gigitan serangga baru di lokasi perkemahan.

Baca Juga: Situs peninggalan nenek moyang kerinci

Tinggalkan pakaian katun di rumah

Tidak dapat dipungkiri bahwa pakaian katun lembut, nyaman dan murah. Namun, jenis kain ini tidak ditujukan untuk kegiatan outdoor yang tidak dapat diprediksi. Ketika kapas menjadi basah, ia kehilangan semua sifat insulasi dan hampir tidak mungkin kering dalam cuaca buruk. Sebaiknya kita tetap menggunakan kain sintetis atau pakaian wol yang hangat terlepas dari kondisinya.

Yang harus dilakukan saat mendaki

  • Seringlah lihat kebelakang. Ini akan membantu kita mengingat seperti apa rute perjalanan saat pulang
  • Ambil beberapa foto dari setiap rute.
  • Jika khawatir tidak bisa menemukan jalan pulang, buatlah panah di tanah dengan bebatuan atau ranting.

Jika Tersesat

Meskipun kita mungkin telah mendaki dengan senang hati selama beberapa jam, akan ada saat ketika kita menyadari bahwa kita tidak berada di tempat yang dipikir sebelumnya. Terlepas dari bagaimana kita tersesat, penting untuk mengambil langkah-langkah berikut:

  • Pertama, Jangan Panik. Panik hanya dapat memperburuk keadaan .
  • Berhenti sejenak, tetap tenang dan buat rencana.
  • Duduk, makan dan minum sesuatu. Ini akan menenangkan kita dan memberi kesempatan untuk membuat rencana.
  • Jika hari sudah larut dan kita berada di area yang aman, mungkin yang terbaik adalah berkemah dan beristirahat malam sebelum melanjutkan perjalanan lagi di pagi hari
  • Jika kita merasa tersesat, jangan mulai berlari atau berjalan lebih cepat dari kecepatan normal. Jika kita melakukannya, kita berisiko jatuh di daerah pegunungan
  • Jangan pernah berpisah dari grup atau memecah grup. Jika Anda melakukannya, pihak penyelamat akan mencari dua kelompok orang, bukan satu.

Demikianlah tips sederahana survival di alam bebas. Jika ada tips lainnya, begitu menyenangkan jika kita bisa berbagi informasi di kolom komentar...

5/5 (2 Reviews)

You may also like

Leave a Comment