Home Jalan-Jalan Danau Duo Kerinci

Danau Duo Kerinci

by Rhobie

Danau Duo Kerinci – Terselip jutaan pesona nan menawan di lembah kerinci yang membuat hasrat slalu ingin menelusuri dan mencari tau seberapa banyak tempat-tempat wisata yang ada. Menemukan keunikan danau duo kerinci pasti menjadi sesuatu kepuasan yang patut disyukuri...

Awalnya chatingan cuma untuk ketemuan dan makan-makan, namun tak tau angin dari mana yang membawa kami ngebolang ke Danau Duo.

Danau Duo katanya ‘tidak bemuara dan juga tak berhulu’ sedangkan sumber air danau berasal dari resapan Gunung Batuah. Dikatakan Danau Duo karena pada saat air surut danau ini akan terlihat sebuah tanjung yang membelah danau menjadi dua bagian.

Akses Ke Danau Duo

Akses ke Danau Duo : terletak di desa Lempur Kecamatan Gunung Raya, arah ke Danau Lingkat Setelah simpang danau lingkat kita akan bertemu simpang tiga dan belok ke kanan. Sebenarnya kendaraan roda dua bisa langsung sampai di lokasi namun jalan yang belum beraspal membuat kita harus parkir kendaraan di jalan atau parkir didekat ladang warga.

Keunikan Danau Duo Kerinci

  1. Keunikan Danau Duo Kerinci dikelilingi tanaman kulit manis. Selain itu wisatawan juga bisa berlayar menggunakan rakit. Namun juga disini pengunjung bisa melakukan kegiatan camping ceria karena aksesnya tidak begitu sulit.
  2. Di Pinggir danau duo berpasir dan berbatu menyebabkan ikan yang hidup di danau terjaga dan menjadi tempat ikan-ikan bertelur
  3. Danau ini tidak memiliki hulu dan tidak mempunyai muara. Air danau berasal dari resapan air yang bersumber langsung dari Gunung Batuah. Air danau ini mengalir melewati saluran bawah tanah hingga menyebar ke desa.
  4. Permukaan air danau lebih tinggi pada musim kemarau. Sedangkan musim hujan danau ini menjadi surut.
  5. Danau Duo Kerinci terletak pada ketinggian 1500Mdpl. Habitat ikan berbeda dengan ikan-ikan yang ada di sekitar Gunung Batuah seperti Danau Lingkat seperti Ikan semah, ikan seluang, uniknya tidak ditemukan ikan sembarau dan ikan medik.
  6. Di waktu tertentu, tampak di tengah danau terjadi pusaran besar dari air danau dan apapun yang ada di pusaranitu akan terseret sampai ke dasar danau.
  7. Danau yang eksotik, pemandangan nan elok bukan cuma dinikmati siang hari, sore hari panorama indah menatap sunset di sela-sela bukit dan perkebunan kulit manis. Begitu pula di pagi hari, kelihatan matahari datang dibalik pepohonan

Hal yang dinikmati di Danau Duo Kerinci

Bagi penikmat alam, pastinya akan menikmati pemandangan yang takjub, angin yang berhembus membawa angan terbang melayang. Makan bersama dengan bekal seadanya dan di suguhi kopi hangat akan membawa suasana menjadi lebih nikmat.

Apalagi bagi yang memiliki rasa penasaran yang tinggi pasti ingin menikmati sensasi menelusuri danau dengan rakit. Semua lelah pasti akan terbayar jika sudah sampai di Danau Duo.

Keunikan danau ini patut dijaga. Danau duo Kerinci patut menjadi salah satu warisan dunia yang bisa diwariskan pada generasi mendatang.

Baca juga: danau kaco

Tips dan Trik ke Danau Duo

  1. Siapkan bekal perjalanan seperti membawa makanan / nasi agar pikniknya lebih menyenangkan. Bak perkataan masyarakat kerinci “sgalo gawe toh sudeh maka (Segala sesuatu itu dikerjakan sesudah makan)”
  2. Kamera untuk hunting dan merekam moment-moment yang menyenangkan
  3. Bawalah pemandu jika dibutuhkan
  4. Hati-hati membawa rakit jika ingin menelusuri danau.
  5. Bawalah Pancing bagi yang hoby mancing
Summary
Danau Duo Kerinci
Article Name
Danau Duo Kerinci
Description
Danau Duo Kerinci – Terselip jutaan pesona nan menawan di lembah kerinci yang membuat hasrat slalu ingin menelusuri dan mencari tau seberapa banyak tempat-tempat wisata yang ada.
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment