Home Featured Danau Gunung Tujuh Keindahan danau tertinggi se asia tenggara

Danau Gunung Tujuh Keindahan danau tertinggi se asia tenggara

by Rhobie
0 comment

Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi se asia tenggara. Danau ini sangat menawan berada diketinggian 1950mdpl, terletak di Kayu Aro kabupaten kerinci. Alamnya memberikan pemandangan yang menakjubkan dengan udara yang amat bersih sejuk asri.

Siapa yang tak mengenali Kerinci “Kota Sakti” yang memiliki keindahan panoramanya dan menjadi surga yang diburu para pecinta alam. Bukit barisan membentengi keindahan alam kerinci menjadi sebuah lembah yang memiliki berbagai wisata alam dan menjadi pemukiman penduduk sangat ramah dengan berbagai kebudayaan didalamnya, habitat keanakaragaman hayati yang dijaga dalam suatu kawasan taman yang dilindungi (Taman Nasional Kerinci Seblat TNKS).

Danau Kaldera tertinggi di asia tenggara dengan air yang sangat jernih, dikelilingi tujuh gunung bagaikan perisai yang menjaga gagahnya keindahan danau ini. Kondisi alam yang memukau dan terjaga menjadi nilai tambah dan daya tarik dari danau ini, menjadikan tempat favorite untuk berkemah.

Para pecinta alam pasti mencari kenikmatan takjubnya alam liar, Danau di atas gunung ini pasti memberikan apa yang kamu cari.

berperahu di gunung tujuh

Tapatnya di desa Pelompek Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci yang berjarak sekitar 54 km dari Kota Sungai Penuh membutuhkan perjalanan darat sekitar satu jam. Tibanya di Desa pelompek wisatawan wajib lapor dan membayar retribusi, mengisi identitas sebelum memulai perjalanan. Trekking melewati hutan TNKS, melihat satwa bersahutan, burung-burung bernyanyi mengiringi langkah membuat perjalanan yang ditempuh sekitar 3 jam tidak melelahkan meskipun jalurnya memiliki kemiringan yang tergolong ekstrim.

Rekomendasi Weekend: Air Terjun Talang Kemulun

Perjalanan ke danau gunung tujuh

Melawati jalur setapak yang menanjak dihiasi akar mencengkram tanah. Melewati barisan bukit Taman Nasional Kerinci Seblat harus dinikmati. Saling bersapa dengan bahasa cinta bersama para pendaki lainnya membuat suasana alam menjadi lebih romantis.

perjalanan ke danau gunung tujuh

Danau yang luasnya 12.000  Ha dan kedalaman mencapai 40 M pasti menawarkan pemandangan yang indah. Air di gunung tujuh juga mengaliri sebagian sungai yang ada di sekitar pemukiman warga desa pelompek.

Air danau yang bentuknya hijau namun sangat jernih ini dimanfaatkan sebagai sumber PDAM Kabupaten Kerinci. Danau gunung tujuh pun mengaliri salah satu air terjun di kerinci yaitu Telun Berasap.

Danau Gunung Tujuh dikelilingi tujuh buah gunung.

  1. Gunung Hulu Tebo (2.525 Mdpl)
  2. Gunung Hulu Sangir (2.330 Mdpl)
  3. Gunung Madura Besi ( 2.418 Mdpl)
  4. Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai lumut (2.350 Mdpl)
  5. Gunung Selasih ( 2.230 Mdpl)
  6. Gunung Jar Panjang ( 2.463 Mdpl)
  7. Gunung Tujuh (2.735 Mdpl)

Gunung-gunung yang mengelilingi danau ini menjadi sumber air danau sehingga danau ini tak pernah kering.

Misteri Danau Gunung Tujuh

Dibalik keindahan danau gunung tujuh yang berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat menyimpan misteri. Kisah misterius di gunung tujuh terdapat orang pendek yang menjaga danau ini. Orang Pendek tersebut adalah makhluk kecil setinggi 50 Cm. Kabar yang beredar mengatakan bentuknya merupakan kombinasi manusia dan orang utan. Makhluk ini tidak berekor dan telapak kakinya menghadap ke belakang. Beberapa penduduk sekitar danau mengaku pernah melihatnya meskipun sekilas karena gerakan makhluk tersebut sangat cepat. Anehnya, makhluk ini tidak akan ditemukan apabila sengaja dicari, namun ia akan muncul tiba-tiba saat tidak disengaja. Organisasi non profit internasional bahkan pernah ikut mendanai penelitan makhluk misteri ini. sejumlah kamera pun dipasang di hutan disekitar danau. Namun hingga saat ini makhluh tersebut (Orang Pendek) tidak bisa ditemukan dan tetap menjadi sebuah misteri.

Orang Pendek

Ilustrasi Orang Pandak

Tak hanya tentang Orang Pendek, Danau ini juga merupakan Danau Keramat yang juga dihuni oleh makhluk halus berwujud harimau dan sepasang naga. Terlepas benar atau tidak mitos tersebut namun danau ini memang takjub untuk disentuh karena memiliki sejuta pesona yang memanjakan mata.

Baca Juga: Menelusuri The Amazone Of Kerinci: Rawa Bento

Pesona keindahan danau Gunung tujuh

Keindahan danau ini memang sangat menakjubkan dengan barisan gunung disekitarnya. Menelusuri setiap sudut danau membuat pengunjung merasa rugi jika tidak camping di sekitar danau untuk beberapa hari. Untuk menelusuri danau bisa menggunakan sampan nelayan yang tinggal disekitar danau dengan biaya yang relative murah.  Merasakan hawa sejuk yang dingin, menikmati sunrise jika cuaca mendukung. Hamparan pasir dan kerikil menghiasi tepian danau. Berenang di air yang sangat dingin dan segar membuat pendakian ke gunung tujuh merupakan pendakian yang tak terlupakan. Ditengah hutan yang dilindungi, sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin liburan, melepas penat dari semua kesibukan dunia. Kegiatan lainnya seperti memancing juga bisa dilakukan disini. Namun anehnya dengan danau yang seluas inin hanya terdapat ikan-ikan kecil. Para Nelayan pun belum pernah mendapatkan ikan besar saat mereka menangkap ikan.

berenang di danau teringgi di asia tenggara

Berenang di Danau Gunung Tujuh

Semalam di danau gunung tujuh

Setelah bosan mendengar suara bising di kota, saat nya diganti dengan suara alam, Bersantai camping di danau gunung tujuh. Apalagi saat cuaca cerah, suasana di malam hari pun begitu mesra bersama segelas kopi dengan alunan lagu yang kita nyanyikan. Menghangatkan badan dengan api unggun bersama teman-teman dan wajah-wajah baru menjadi momen yang tak terlupakan. Dibawah cahaya bulan dan taburan bintang sungguh indahnya ciptaan Tuhan. Tepat di pinggiran danau banyak  para pendaki mendirikan tenda dan bermalam. Terasa seperti di sebuah pemukiman baru namun dengan wajah-wajah yang selalu baru.

Camping di danau tertinggi di asia tenggara

Danau Gunung Tujuh juga surganya para peneliti hewan maupun tumbuhan. Banyak Peneliti dari mancanegara yang datang ke danau ini untuk tujuan pendidikan. Bahkan Mahasiswa jurusan Kehutanan dari berbagai universitas di Indonesia pun banyak mengadakan penelitian di danau gunung tujuh. Sambil penelitan sembari sambil menikmati keindahan alam. Ilmu didapat, pengetahuan bertambah, hati pun tenang jika berada di danau gunung tujuh.

Baca Juga: Bersiwata ke Danau kaco yang penuh mistis menelusuri hutan

Tips ke danau gunung kaldera teringgi

  1. Bawalah peralatan jika ingin camping seperti tenda, peralatan logistik, jacket dan lain-lain
  2. Pastikan cuaca benar-benar mendukung jika ingin menikmati keindahan pemandangannya.
  3. Bawalah pemandu jika belum pernah kesini
  4. Pastikan Siap Fisik dan Mental
  5. Jangan takabur
  6. Gunung bukan tempat sampah, begitu juga di danau gunung tujuh. Jangan buang sampah sembarangan.
5/5 (12 Reviews)

You may also like

Leave a Comment