Home Jalan-Jalan Danau Kaco Kerinci wisata penuh mistis di Taman Nasional

Danau Kaco Kerinci wisata penuh mistis di Taman Nasional

by Rhobie
1 comment

Danau Kaco Kerinci - Danau menyajikan keindahan dan kualitas air yang paling memikat, mulai dari riak yang mempesona dan refleksi seperti cermin kristal karena kejernihannya. Destinasi dimana anda bisa berjalan ditengah hutan belantara sambil mengagumi flora dan fauna yang berada dalam kawasan taman nasinal pasti serasa sebuah keajaiban yang terlihat dengan mata telanjang. Kabupaten Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi memiliki banyak objek wisata. Salah satunya objek wisata yang terkenal baik nasional maupun internasional adalah Danau Kaco. Kerinci dikelilingi bukit barisan memiliki banyak danau dan sungai yang pastinya memberikan pemandangan indah. Kawasan hutan di kerinci yang subur merupakan wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat kaya akan keanekaragaman hayati.

Danau Kaco Kerinci

Danau Kaco Kerinci yang berada di taman nasional kerinci seblat diberkahi hutan hujan yang luar biasa, disini adalah tempat yang membuat anda mencari kata-kata untuk mengungkapkan keindahannya. Berukuran sekitar 35 x 35 meter berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau ini melahirkan cahaya seperti batu akik warna biru yang di senter yang menghipnotis para pengunjungnya . Tempat wisata ini wajib dikunjugi para wisatawan jika berlibur ke Kerinci. Keindahan nya seakan membuat mata tak berkedip. Dengan keunikan danau dan cerita rakyat yang dihadirkan di danau ini.

Bukan hanya wisatawan lokal yang memburu keindahan danau kaco, namun banyak wisatawan mancanegara yang berdatangan untuk menikmati keindahan danau.

Danau Kaco

Danau Kaco Kerinci di malam hari

Danau Kaco memiliki keunikan yang khas. Keunikannya yaitu ia dapat mengeluarkan cahaya yang terang di malam hari terutama pada saat bulan purnama. Jika wisatawan berwisata ke danau kaco  pada saat bulan purnama maka wisatawan tak perlu lagi membutuhkan alat penerangan seperti senter. jika dilihat dari kejauhan cahaya yang dipancarkan oleh Danau Kaco akan terlihat seperti lampu yang diarahkan ke langit.

Danau Kaco di Kerinci memiliki air jernih seperti kaca dan memantulkan warna biru yang sangat indah. Hal ini disebabkan oleh kandungan pasir kapur di dasar danau. Siapapun dapat mengunjungi danau bercahaya ini terutama di bulan purnama. Termasuk danau endemik yang terdapat banyak ikan semah yang berenang di danau ini, Jadi ketika datang kesini jangan lupa untuk membawa peralatan pancing dan snorkeling.

Udara segar yang kita hirup saat menghela nafas. Menatap pohon-pohon menjulang tinggi, suasana sejuk yang kita rasakan melengkapi keindahan yang kita cari. Mendapatkan kepuasan menikmati alam memang harus berjuang. Kita lupakan sejenak deru mesin-mesin yang ada di kota, kita lupakan semua megahnya gedung-gedung yang mencakar langit. Menerjang sungai setinggi 50 cm atau melewati jurang curam merupakan beberapa rintangan yang harus dilewati sebelum mencapai danau ini.

Cerita Rakyat Tentang Misteri Danau Kaco Kerinci

Cerita Rakyat Tentang Misteri Danau Kaco Kerinci - Menurut keyakinan masyarakat setempat, cahaya yang dihasilkan dari dasar Danau ini merupakan cahaya intan yang terpancar dari dasar air. Intan tersebut disimpan oleh Raja Gagak yang merajai dikala itu. Menurut warga, intan yang disimpan Raja Gagak merupakan intan titipan yang merupakan ikatan janji para pangeran yang hendak melamar Putri Cantik Raja Gagak yang bernama Putri Napal Melintang.

danau kaco

Semua lamaran Para Pangeran yang di Kerinci diterima oleh Raja Gagak, akhirnya dia bingung mau menerima pelamar yang mana. Putri Nepal Melintang memiliki kecantikan yang luar biasa sehingga ia menjadi primadona di zaman itu. Bahkan karena keelokan rupa yang ia miliki membuat ayahnya sendiri juga sangat menyukainya. Raja Gagak membawa kabur putri kesayangannya itu beserta perhiasan Intan yang diberikan oleh para anak raja sebagai tanda janji. Konon intan yang dibawa kabur oleh Raja Gagak disembunyikan di dasar Danau Kaco. Hingga saat ini cerita rakyat tentang misteri danau kaco kerinci masih diyakini oleh penduduk lempur.

Lokasi Danau kaco

Danau Kaco Kerinci terletak pada zona rimba dalam wilayah pengelolaan TNKS. Secara geografis danau ini terletak di 101.540402 BT dan 2.330258 LS pada ketinggian 1229 Mdpl. (Sumber: Balai TNKS)

Akses ke Danau Kaco

Danau kaco Kerinci dapat dicapai melalui jalur darat dimulai dari kota jambo ke sungai penuh. Jarak antara jambi ke sungai penuh sekitar 500Km dengan waktu tempuh 10-11 jam. Selanjutnya dari sungai penuh dilanjutkan ke desa terdekat yaitu Desa Lempur, kecamatan gunung raya membutuhkan waktu 45 menit. (Wilkipedia)

Perjalanan juga bisa ditempuh dari bandara Depati Parbo di Desa Hiang. Dari Bandara menggunakan transportasi umum sekitar 2 jam menuju lokasi ini. Ketika tiba di Desa Lempur kita harus berjalan sekitar 4 Jam menelusuri hutan. Perjalanan yang menghabiskan energi ini akan dibayar oleh keindahan danau ini.

Baca Juga Rawa Bento

Tips dan Trik Berwisata Ke Danau Kaco

  1. Untuk berwisata ke danau kaco kerinci diperlukan kesiapan fisik dan mental.
  2. Wisatawan sebaiknya mempersiapkan perlengkapan p3k, logistik seperti makanan ringan bahkan bawalah nasi agar bisa menikmati sensasi makan di pinggir danau (Sampah jangan buang sembarangan)
  3. Bawalah Mantel (raincoat, cukup yang seharga Rp.6000) karena kita tidak akan pernah tau keadaan cuaca selanjutnya, hujan tak akan menelpon telebih dahulu jika ia ingin turun.
  4. Bawalah pakaian ganti
  5. sebaiknya menuju danau kaco sebelum pukul 10.00 wib, dan usahakan kita-lah yang pertama kali sampai karena danau akan kelihatan keruh jika ada yang mandi. Wisatawan yang hendak menuju danau kaco lewat pada pukul 13.00 biasanya dilarang Petugas mengingat keselamatan pengunjung.
  6. Jangan sampai Turun kemalaman, Kasihan Penduduk warga yang menjadi repot. Kesepakatan kaum petinggi adat Desa Lempur jika ada yang turun kemalaman maka semua penduduk desa akan menjemput sampai ke danau. Mengingat beberapa kejadian yang tidak diinginkan terjadi akhir-akhir ini.
  7. Sewa lah pemandu bagi yang belum pernah kesini demi keselamatan.
  8. Jika ingin camping di danau kaco, sebaiknya perhitungkan munculnya terang bulan. Karena danau ini akan kelihatan sangat indah jika dibawah bulan purnama.
jalan menuju danau kaco
5/5 (5 Reviews)

You may also like

1 comment

Buyuang Oktober 27, 2018 - 9:14 pm

Wah….!!! Jadi sangat tertarik untuk mengunjungi danau kaco… Dengar cerita kawan yang udah menjelajah ke sana dan melihat dokumentasi foto2nya jadi ingin segera melangkahkan kaki ke danau kaco… #Kerinci memang penuh dengan syurga alam nya…

Reply

Leave a Comment