Home Jalan-Jalan Danau Lingkat Kerinci keelokannya terdapat misteri

Danau Lingkat Kerinci keelokannya terdapat misteri

by Rhobie
0 comment

Danau lingkat kerinci yang satu ini bagaikan zamrud karena memiliki air yang hijau pekat, dan berbeda dengan Danau Kaco yang air nya jernih seperti kaca. Warga di sekitar Danau Lingkat memanfaatkan danau ini untuk tempat mencari ikan dengan menggunakan rakit bambu dan alat tradisional seperti pancing, lukah, tajur dan jalo.

Danau Lingkat

Danau Lingkat merupakan wisata yang dekat dengan wilayah Lekuk 50 Tumbi (Lempur). Di Desa Lempur ini terdapat kawasan Gunung Batuah yang menjadi satu bagian penting dari desa wisata tersebut. Danau yang berada di sekitar kawasan Gunung Batuah terbentuk karena bekas letusan gunung api yang meletus di zaman purba dahulu kala. Danau ini uniknya tanpa dialiri oleh sungai. Sumber air langsung dari Gunung Batuah, Kemudian mengalir ke sungai kecil yang terus menjadi sumber air bagi Danau Kipom yang terletak tidak jauh dari Danau Lingkat.

Danau Lingkat kerinci mempunyai luas sekitar 12 ha pada ketinggian 1.100 Mdpl. Objek wisata ini terletak dipinggiran hutan TNKS bersebelahan dengan hutan adat. Danau ini dikenal keramat dan memiliki beberapa pantangan buat wisatawan.

Tongkrongin Juga: Kebun Teh Kayu Aro Kerinci dengan pesona alam yang asri

ayonongkrong.com

Sensasi yang asri disuguhkan oleh keelokan Danau Lingkat Kerinci ini, hamparan pepohonan memenuhi perhiasan alam membuat mata kita enggan untuk berkedip. Udara segar yang jauh dari polusi membuat kita betah untuk bermasalas-malasan di Danau yang satu ini.

Keelokan yang sangat mempesona, mengundang kekaguman serta rasa syukur yang tulus tentang Maha Karya Sang Pencipta. Disini wisatawan dapat menjelajahi Danau Lingkat dengan menggunakan rakit bambu sembari melihat panorama alam.

Jenis Ikan yang ada di Danau Lingkat

Ada beberapa jenis ikan yang hidup di danau ini, mereka adalah:

  • Ikan Sebarau (Hampala Ampong)
  • Ikan Medi (Bonulipped Carb)
  • Ikan Bujuk (Canna Lucius)
  • Ikan Gabus (Canna Striata)
  • Ikan Keparas (Silver Rasbora)
  • Ikan Keli (Careas Maladerma)
  • Ikan Celbung (Rasbora Sp)
  • Ikan Nila, Ikan Mas merupakan ikan yang sengaja di masukkan ke dalam danau tersebut.

Keunikan Danau Lingkat

Jenis ikan yang ada di Danau lingkat merupakan ikan endemik. Ada keunikan pada ikan Celbung yang hidup di Danau ini. Ikan Celbung hanya bisa ditemukan di Danau Lingkat saja, tidak akan ditemukan di daerah lain. Ikan ini jika mau dimasak, kita tidak perlu membedah perutnya. Bila pada musim ikan mudik (Nyakai) ini merupakan pada waktu ikan ini hendak melepaskan telurnya, masyarakat memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkannya sebanyak mungkin. Ikan yang penuh dengan telur tidak perlu di buang isi perutnya karena tidak pahit. Ikan Celbung di danau ini tidak pernah berkurang dan tidak pula bertambah dalam jumlah yang signifikan.

Keunikan lainnya adalah bahwa danau ini tidak memiliki hulu sungai. Ikan-ikan disini memiliki pasokan pakan yang seimbang. Sumber pakan itu adalah serangga yang pada pagi hari jatuh memenuhi permukaan danau. Ikanikan di Danau ini tidak bisa dijadikan sumber mata pencaharian utama warga setempat. Karena pencari ikan di Danau ini tidak bisa mendapatkan ikan yang banyak meskipun mereka menggunakan beragam alat penangkap ikan.

Batu Belang di Danau Lingkat

Pada waktu-waktu tertentu di pagi hari acap kali ditemukan oleh para nelayan di dekat Batu Belang yaitu batu yang permukaannya 70cm dalam air, tidak muncul yang terletak di salah satu tempat di dalam danau di kaki Gunung Batuah. Para nelayan sering menemukan sampah bekas orang mandi Balimau yaitu sampah jeruk yang digunakan orang untuk mandi. Tidak tau siapa yang mandi karena tidak ada rumah pemduduk di sekitar kaki Gunung Batuah. Acap kali juga nelayan menemukan permukaan danau itu dipenuhi oleh beberapa jenis kembang. Namun pagi hari setelah matahari terbit semua kembang itu hilang dari permukaan danau.

Permukaan Danau Lingkat tidak berubah meskipun hujan atau kemarau. Hal ini karena mata airnya berasal dari Gunung Batuah. Disisi hilir danau ini juga ada tanaman kantung semar yang banyak. Biasanya wisatawan berkunjung ke danau ini memanfaatkan kantung semar dijadikan untuk membuat ketan (Masak ketan di dalam kantung semar).

Inilah keunikan danau lingkat yang patut kita jaga dan dilindungi secara Undang-Undang agar karakteristik yang dimiliki tidak diganggu oleh aktivitas manusia. Keunikan danau yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan maupun peneliti. Semoga semua ini terjaga keasliannya untuk keseimbangan alam dan mafaat tersendiri untuk manusia.

Penyebab air danau lingkat berwarna hijau

Danau lingkat ialah ekosistem 48 Type Mikroalga yang dibagi kedalam empat kelas. Mereka adalah Bacillariophyceae (34 jenis), Chlorophyceae (8 jenis), Cyanophyceae (3 jenis), Dinophyceae (3 jenis). Banyaknya tipe mikroalga yang hidup di Danau Lingkat inilah yang menimbulkan air nya bercorak hijau.

Danau Lingkat Kerinci airnya berwarna hijau
Danau Lingkat Kerinci

Cerita Rakyat dan asal usul

Ada Cerita Rakyat tentang Danau Lingkat Kerinci ini. Dulu sekitar abad ke-16 terdapat seorang anak wanita dari Desa Selampaung lenyap dikala naik perahu. Malam harinya seorang tokoh adat kampung Selampaung bermimpi. Dia diberitahu kalau si wanita dibawa oleh “orang gunung”, makhluk halus penunggu danau. Keesokan hari masyarakat kembali melakukan pencarian di danau. Air danau ditimba beramai-ramai memakai Rantang, tetapi si wanita tersebut tetap saja tidak ketemu. Warga setempat setelah itu bersumpah tidak akan Manaiki perahu lagi di Danau Lingkat. Dari cerita inilah asal usul mengapa objek wisata ini dinamakan Danau Lingkat. Lingkat artinya "Rantang".

Tongkrongin juga: Air Terjun Lembah Khayangan Talang Kemulun

ayonongkrong.com

Sebagian tokoh warga kampung melarang warganya mengunjungi danau itu. Perihal itu terjadi hingga beratus-ratus tahun. Entah siapa yang mengawali, di awal era 80-an masyarakat Lempur dan sekitarnya termasuk Selampaung mulai berani datang ke Danau ini. Di kala itu belum terdapat jalur motor, apalagi mobil, yang ada hanya jalur setapak, melintasi lereng-lereng bukit yang dipadati dengan pohon-pohon kayu manis (cassiavera). Dengan berjalan kaki dari Desa Lempur diperlukan waktu sekitar setengah jam.

Sesuai sumpah para leluhurnya, hingga kini masyarakat sekitar danau maupun turis tidak berani berperahu di Danau ini. Untuk sekedar bermain di danau warga maupun pengunjung lokal menggunakan rakit bambu. Warga setempat juga mengingatkan pengunjung danau agar tidak bicara sombong dan takabur.

Tongkrongin Juga: Gunung Kunyit

Cerita Mistis

Cerita Mistis Danau Lingkat kerinci - Cerita lain mengatakan, di salah satu pojok danau , persisnya diujung sebelah kanan, dipercaya sebagai tempat pemandian tujuh putri dewa penguasa danau. Waktu putri-putri itu mandi bisa diketahui dengan memekarnya bunga di sekitar tempat pemandian pada saat-saat tertentu. Menariknya, apabila memekar bunga itu mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Di seberang danau ada batu besar. Uniknya, corak batu tersebut berbelang-belang, sehingga batu itu dinamakan “batu belang”. Konon kabar, batu itu ialah tempat dewa “belimau”, atau mandi mensterilkan diri dengan racikan khas tradisional. Batu tersebut masih ada sampai sekarang. Percaya atau tidak, yang tentunya tempat ini masih menyimpan teka-teki. Kawasan itu sangat cocok dijadikan objek wisata.

Jalan menuju Danau Lingkat

Danau Lingkat Kerinci terletak di Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya. Kesan Mistik sangat terasa begitu memasuki kawasan Danau ini. Cerita-cerita para tetua kampung tentang danau seluas 12Ha sampai saat ini masih diyakini oleh warga setempat.

Menuju danau ini dapat menempuh perjalanan darat menggunakan sepeda motor atau mobil. Beranjak dari Lempur perjalanan membutuhkan waktu 10 menit. Danau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal setiap hari libur.

Tips dan Trik

  1. Danau Lingkat kerinci masih menyimpan misteri, untuk itu wisatawan tidak boleh melamun maupun takabur.
  2. Hunting  adalah kegiatan menyenangkan di Danau Lingkat.
  3. Bertanyalah kepada warga tentang asal-usul Danau Lingkat ini, maka kita akan mendengarkan cerita yang seru dan menambah wawasan tentang danau lingkat.
5/5 (2 Reviews)
Summary
Danau Lingkat Kerinci keelokannya terdapat misteri
Article Name
Danau Lingkat Kerinci keelokannya terdapat misteri
Description
Danau lingkat kerinci yang satu ini bagaikan zamrud karena memiliki air yang hijau pekat, dan berbeda dengan Danau Kaco yang air nya jernih seperti kaca. Warga di sekitar Danau Lingkat memanfaatkan danau ini untuk tempat mencari ikan dengan menggunakan rakit bambu dan alat tradisional seperti pancing, lukah, tajur dan jalo.
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment