Home Featured Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Dengan Pesona Alam yang Asri

Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Dengan Pesona Alam yang Asri

by Rhobie

Kebun Teh Kayu Aro seperti karpet hijau yang terbentang di gunung kerinci. Pemandangannya sungguh memanjakan mata dengan udara yang sejuk membuat kita selalu terpesona dengan keindahan alam kerinci. Bukan hanya dapat menikmati pemandangan Kebun Teh namun kita mendapatkan bonus pemandangan yang lain seperti gunung kerinci yang berdiri dengan perkasa.

Perkebunan Teh Kayu Aro Kerinci

Perkebunan Teh Kayu Aro Kerinci ditanam didataran tinggi. Perlu diketahui bahwa teh kayu aro ini merupakan teh terbaik indonesia. Bahkan dizaman kolonial, teh yang di tanam di kayu aro menjadi minuman Ratu inggris dan Ratu belanda. Teh yang dihasilkan di kayu aro adalah teh ortodox atau disebut juga teh hitam.

Teh hitam ini adalah teh favorit keluarga kerajaan Belanda. Keuntungan teh hitam adalah mengandung zat yang baik untuk kesehatan Anda. Riboflavin berguna untuk pencernaan, antioksidan polifenol dan bioflavonoid yang berguna untuk pencegahan osteoporosis. Secangkir teh Kayu Aro memiliki warna kemerahan dan rasa yang lebih hebat dari teh lainnya. Sayangnya, teh berkualitas tinggi ini tidak dijual di Indonesia. Itu hanya dijual di luar negeri. Inilah mengapa teh Caio Arrow tidak populer di Indonesia.

Danau Gunung Tujuh, Keindahan Danau Tertinggi se Asia Tenggara

ayonongkrong.com

Sejarah Kebun Teh Kayu Aro

Sejarah Kebun Teh Kayu Aro - Pembukaan lahan perkebunan teh Kayu Aro Kerinci sudah dimulai pada tahun 1925 sampai pada 1928. Kolonial Belanda melakukan ekspansi ekonomi di wilayah Kerinci pada masa itu melalui sebuah perusahaan Belanda yang bernama NV. HVA (Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam). Perusahaan NV.HVA memanfaatkan hak erfpacht dalam memperluas lahan perkebunan teh tersebut.

Sebelumnya usaha pembukaan lahan perkebunan teh dilaksanakan di kawasan yang sekarang disebut Desa Kebun Baru Kecamatan Gunung Raya. Kebun ini dihentikan penanamannya karena ketersediaan lahan yang kurang memadai. Dilain pihak kawasan ini pada zaman penjajahan belanda merupakan kawasan hutan lebat yang merupakan hulu sungai air Lempur yang dimanfaatkan penduduk untuk kebutuhan hidup dan untuk mengairi persawahan masyarakat. Untuk mengolah lahan perkebunan teh tersebut, pihak belanda mendatangkan pekerja kontrak dari Pulau Jawa. Sebagian besar didatangkan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada masa selanjutnya setelah kemerdekaan Indonesia diraih dan perusahaan Perkebunan diambil alih oleh Indonesia. Para pekerja perkebunan dari Pulau Jawa itu tetap menetap di Kayu Aro dan melanjutkan pekerjaan sebagai pekerja di area perkebunan teh kayu aro kerinci.

Luas Lahan Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, Terluas di Dunia

Luas lahan kebunan teh Kayu Aro Kerinci tercatat hingga tahun 1940 mencapai 2.590 ha. Luas lahan yang mencapai 2.590 ha menjadikan perkebunan teh Kayu Aro sebagai perkebunan terluas di Keresidenan Sumatera Barat. Penanaman tanaman teh dilakukan pada tahun 1929. Tanaman teh berkembang dengan baik, setelah dua tahun kemudian, tanaman teh mulai menghasilkan pucuk-pucuk yang berkualitas maka pada tahun 1931 perusahaan N.V.HVA mendirikan pabrik teh kayu aro untuk menunjang kebutuhan produksinya. Menurut sejarah sejak turun temurun Ratu Belanda (Ratu Beatrix) sangat menyukai Teh Kayu aro ini.

Menurut data dari PTP6 (ptp6.com), saat ini luas lahan perkebunan teh kayu aro sekitar 3020 ha pada ketinggian 1600Mdpl. Fakta ini membuat kebun teh kayu aro termasuk kebun teh terluas di dunia.

Kondisi iklim perkebunan teh kayu aro kerinci

Kondisi iklim di kebun teh kayu aro kerinci tercatat bahwa dalam setahun cutah hujan yang terjadi rata-rata 2.000mm, hujan dalam setahun rata-rata 200 hari, sinar matahari selama setahun rata-rata 6 jam perhari. Suhu udara di kayu aro bisa mencapai 150C bahkan kadang-kadang bisa mencapai di bawah 150C.

Rawa Bento The Amazone Of Kerinci

Nikmati liburan di perkebunan teh kayu aro Kerinci

Lembah kerinci memang pantas dijadikan sebagai icon wisata karena alamnya memang benar-benar indah. menikmati liburan di kebun teh kayu aro adalah sebuah pilihan jika kita mengunjungi kerinci bersama keluarga maupun teman. Menikmati pemandangan kebun teh yang terletak didataran tinggi lereng gunung kerinci menjadikan tempat ini sangat indah.

Keunikan yang dimiliki perkebunan teh kayu aro kerinci adalah proses pengelolaannya masih tradisional, serbuk teh tak memakai bahan pengawet atau bahan pewarna tambahan, dan saat mengelola teh pekerja dilarang menggunakan kosmetik untuk menjaga kualitas teh hitamnya.

You may also like

2 comments

Nopri Oktober 3, 2019 - 11:28 am

Good News kk

Reply
Rhobie Oktober 3, 2019 - 3:19 pm

Terima Kasih Nopri. Yuk Nongkrong di Lembah Kerinci…

Reply

Leave a Comment