Home Komputer & Tutorial Menyembunyikan File di dalam Gambar

Menyembunyikan File di dalam Gambar

by Rhobie
Menyembunyikan file di dalam gambar

Menyembunyikan File di dalam Gambar, beginilah caranya : Telah banyak dipaparkan Tips dan Trik dalam Dunia komputer tentang cara mengamankan data/informasi yang rahasia atau sensitif bagi Pengguna Komputer. Terkadang menyembunyikan informasi atau data yang sensitif di depan mata bisa menjadi cara terbaik untuk menyembunyikannya. Pasti di komputer kita banyak menyimpan gambar, namun pernahkah terpikir untuk menyembunyikan data/file kita di dalam gambar itu?

Baca Juga: APAKAH KOMPUTER ANDA TERINFEKSI VIRUS? INILAH CARA MEMERIKSA

Ada metode yang berfungsi untuk menyembunyikan informasi sensitif kita dibalik gambar. Ada banyak cara yang tersedia untuk menyembunyikan file penting menggunakan beberapa perangkat lunak, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan trik ini. Proses untuk menyembunyikan file Anda di balik gambar dikenal sebagai steganografi.

Cara Menyembunyikan File dan Folder Pribadi Anda di Dalam Gambar

Pada artikel ini akan dijelaskan metode yang bisa membantu kita untuk menyembunyikan file pribadi kita di balik gambar. Tutorialnya mungkin kelihatan sedikit rumit, tetapi sangat mudah. Pengguna hanya mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Blue Screen Of Death Palsu Pada Windows

  • Buat folder di mana saja di hard drive, misalnya L: / rahasia dan masukkan semua file yang ingin Anda sembunyikan ke folder itu. Sekarang juga tempatkan gambar di folder yang sama, di gambar ini kita akan menyembunyikan file.
Menyembunyikan File di dalam Gambar
  • Sekarang pilih semua file yang ingin kita sembunyikan dalam gambar dan kemudian klik kanan dan pilih opsi untuk menambahkannya ke dalam format ZIP atau RAR. Pastikan Anda memilih file yang ingin disembunyikan saja, bukan gambar. Beri nama file yang telah di kompresi dalam bentuk ZIP atau RAT tersebut menjadi apa pun yang di inginkan, contohnya coba.rar.
Menyembunyikan File di dalam Gambar
  • Setelah mengompresi file, buka CMD dengan menekan Windows + R dan kemudian ketik CMD dan tekan Enter.
Windows + R
  • Sekarang kita perlu mengarahkan ke folder. Untuk itu ketik perintah L:
    Jika file disimpan di partisi D maka ketik Perintah D: -  Disini kebetulan dalam contoh penulis meletakkan folder di partisi L.
Menyembunyikan File di dalam Gambar

Catatan Sekali Lagi:: Pastikan untuk mengubah L: ke huruf drive anda sendiri. Penulis telah menyimpan file di dalam drive L, itulah mengapa saya memilih L:

Baca Juga: Mencegah Serangan DDOS di Cloudflare

  • Sekarang pada langkah berikutnya, ketikkan perintah berikut ini cd L:\rahasia (Pastikan Anda mengganti  “rahasia” sesuai dengan nama folder yang telah anda buat tadi)
cd L:\rahasia
  • Kemudian ketik perintah  berikut:  copy /b linux.jpg + coba.rar linux.jpg lalu tekan enter
copy /b linux.jpg + coba.rar linux.jpg

Catatan: Untuk menguji nya coba hapus semua file kecuali gambar.

File-file sekarang dikompresi dan ditempatkan di dalam gambar. Gambar seperti terlihat normal, tidak ada yang bisa menebak bahwa ada  file yang tersembunyi di dalam atau di balik gambar.

Bagaimana Cara menampilkan File yang disembunyikan tadi?

Menampilkan file-file kita sembunyikan tadi itu sangat mudah, klik kanan pada gambar dan kemudian pilih opsi Open with > WinRar archiver. Di sana Anda dapat melihat atau mengembalikan file yang tersembunyi.

Menampilkan File yang disembunyikan

Penjelasan ini adalah bagaimana kita dapat menyembunyikan informasi sensitif kita dalam gambar. Pengguna tidak perlu memiliki perangkat lunak apa pun untuk melakukannya. Sangat mudah bukan???? Semoga Tutorial ini bermanfaat buat kita semua…. Happy sharing and Learning…

Summary
Menyembunyikan File di dalam Gambar
Article Name
Menyembunyikan File di dalam Gambar
Description
Menyembunyikan File di dalam Gambar, beginilah caranya : Telah banyak dipaparkan Tips dan Trik dalam Dunia komputer tentang cara mengamankan data/informasi yang rahasia atau sensitif bagi Pengguna Komputer
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment