Home Umum Persiapan Camping yang harus diperhatikan

Persiapan Camping yang harus diperhatikan

by Rhobie
persiapan camping

Berkemah adalah pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Tetapi untuk tetap safety, Persiapan camping harus benar-benar direncanakan dengan matang baik persiapan camping di gunung maupun di pantai.

Setidaknya sekali dalam setahun orang-orang di dunia memilih pergi camping untuk menghibur maupun me refresh pikiran mereka. Kita pasti tidak ingin membuat perjalanan kita menjadi rumit, namun jika kita tidak memiliki pengalaman camping dan hanya bergantung pada ide-ide kita sendiri maka kemungkinan kegiatan camping kita akan menjadi menakutkan. Pengetahuan praktis pasti sangat berbeda dengan pengetahuan teoritis, tapi dalam artikel ini penulis memastikan bahwa fakta-fakta berikut ini membuat kegiatan camping kita menjadi sangat menyenangkan.

Related: Tips sederhana camping untuk pemula

Persiapan Camping

Cari informasi tentang destinasi yang ingin anda tuju

Dalam persiapan camping, pasti ada pertanyaan kemana anda akan camping? Apakah camping hanya dengan keluarga atau bersama teman kerabat? Berapa lama anda akan camping? Ini adalah pertanyaan yang paling penting untuk dijawab saat akan berkemah. Setelah menentukan destinasi yang akan anda tuju, carilah informasi yang detail seperti di internet maupun di forum facebook maupun forum manapun yang berkaitan dengan camping/pecinta alam. Mungkin akan ada sebagian teman-teman akan memberikan informasi yang lengkap. Berikut ini akan membantu memilih tempat camping yang tepat.

  • Cobalah memilih destinasi yang dekat dengan anda terlebih dahulu
  • Pastikan destinasi tersebut sering dikunjungi oleh orang-orang
  • Pertimbangkanlah tentang cuaca.
  • Usahakan memilih destinasi yang mudah mendapatkan sumber air.

Buatlah Daftar Rencana Persiapan Camping anda

Sangat tidak menyenangkan Jika saat di lokasi perkemahan kita lupa membawa sesuatu yang dibutuhkan saat camping. Maka dari itu buatlah daftar dan pastikan tidak ada yang terlewati.

  • Daftar persiapan camping anda tergantung dengan pertanyaan yang muncul dipikiran kita sebelumnya. Berapa orang yang ikut bersama anda? Logistik apa yang akan dibawa?
  • Pastikan peralatan yang dibawa tahan akan cuaca.
  • Pastikan tidak mengabaikan apapun dalam list daftar rencana persiapan camping anda.
  • Usahakan yang akan dibawa lebih dari cukup dibandingkan kebutuhan anda saat di lokasi perkemahan seperti persiapan logistik.
persiapan camping logistik

Persiapan berkemah seperti Logistik

Tidak ada alternatif makanan untuk bertahan hidup. Maka cerdaslah dalam membuat perencanaan logistik.

  • Stock makanan tergantung berapa banyak orang dan berapa hari anda camping
  • Cobalah membawa makanan kering yang bisa awet
  • Beli makan sehari sebelum pergi agar tetap segar
  • Peralatan memasak harus diatur dengan baik sesuai dengan rencana makan anda.
  • Tidak ada hal yang terburuk kecuali sakit saat berkemah, maka makanan yang dikonsumsi harus sehat.
  • Biarkan semua atau sebagian besar makanan anda muda disiapkan, dimasak dan dibersihkan.
  • Jangan membawa perlengkapan logistik yang pada akhirnya sia-sia (terlalu banyak). Sebab kita tidak memiliki ruangan unlimited dalam ransel maupun carier saat berkemah, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya.
  • Kita mungkin ingin mencoba resep baru dan mencoba makanan baru pencuci mulut agar merasa makan di rumah sendiri. Jika itu bisa dilakukan, mungkin kita bisa menerapkannya saat berkemah di lain waktu

Related: Cara survival di alam bebas

Tips kesehatan saat camping

Kebugaran tubuh sangat dituntut disaat melakukan kegiatan outdoor seperti camping. Pada artikel ini ada beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh

  • Tidur nyenyak sebelum memulai perjalanan bahkan juga harus tidur nyenyak ketika di dalam tenda. Sangat diperhatikan masalah alas di dalam tenda dengan membawa matras khusus yang mampu menahan uap tanah agar tidak dingin. Atau juga tenda harus bagus agar kenyamanan bisa kita peroleh
  • Minumlah air yang cukup
  • Pastikan di lokasi perkemahan apakah banyak serangga dan nyamuk, jika banyak serangga atau nyamuk bawalah lotion anti nyamuk
  • Bawalah perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi dll.
  • Persiapkan jas hujan, karena tanpa di inginkan hujan bisa turun kapan saja.
  • Perhatikan sepatu atau sendal safety menurut anda
  • Cokelat atau kacang solusi terbaik untuk menambah energi saat perjalanan.
  • Hindari panas terik saat perjalanan menuju destinasi yang akan kita tuju
  • Persiapkan peralatan P3K sebagai pertolongan pertama jika terjadi cedera.
tips kesehatan saat camping

Safety and Rules saat camping

Keamanan adalah yang utama. Jika hal dibawah ini yang ada dalam pikiran kita, maka kita akan aman.

  • Nyalakan api unggun jika memungkinkan. Hal ini menyebabkan binatang menjauh dari kita.
  • Flysheet untuk penutup tenda diperlukan agar tenda tidak basah
  • Bersikaplah ramah terhadap orang-orang disekeliling perkemahan, karena di hutan kita semuanya harus ramah dan saling tolong menolong.

Dari poin di atas, kita juga harus mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan saat camping. Jadi persiapkan carier atau ransel mu, Mari kita camping. Jika anda ingin menghabiskan waktu Di Kerinci untuk camping rekomendasi destinasi adalah Gunung Kerinci, Kebun Teh Kayu Aro, Gunung Kunyit, Danau Kerinci, Danau gunung tujuh, Danau kaco, Rawa Bento.

Persiapan camping ada hal yang tidak boleh dilakukan dalam berkemah

Berkemah tentu saja merupakan salah satu petualangan terbaik, tetapi hanya jika kita melakukannya dengan aman. Sering terjadi untuk melupakan sesuatu untuk diambil atau hal-hal yang Anda ambil yang sebenarnya menjadi beban. Di sini penulis mencoba mencari tahu hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan saat camping:

Sampai di lokasi saat malam hari

Meskipun kita sudah berpengalaman, akan sulit untuk mengatur semua hal dalam tenda di malam hari. Apalagi kita seorang pemula maka sangat tak bisa dibayangkan betapa sulit untuk mendirikan tenda di malam hari!

Sampai dilokasi dan tidak bisa menghindari terik matahari

Jika berencana untuk berkemah di musim panas seperti di pantai, maka kita harus memiliki rencana untuk memulai dari rumah secepat mungkin di waktu pagi hanya karena matahari menjadi sangat panas dari jam 11 pagi sampai jam 3 sore. Ini sangat penting demi kesehatan selama berkemah.

Berjalan sedirian di tengah hutan

Hindarilah berjalan di hutan sendirian atau menjauh dengan team kita. Usahakan selalu bersama demi keselamatan dan kenyamanan saat perjalanan. Atau mungkin diantara kita pernah merencanakan camping hanya seorang diri. Tetapi pastikan bahwa kita memberi tahu seseorang teman kita atau keluarga bahwa kita pergi sendirian, lokasi camping dan berapa lama kita disana. Ini untuk menghindari sesuatu yang diluar dugaan yang bisa terjadi kapan saja seperti tersesat atau cedera .

Related: 10 Tips penting hiking untuk pemula

Membiarkan makanan terbuka

Jangan membiarkan makanan tanpa perlindungan apa pun. Mungkin ada monyet atau serangga yang dapat menghancurkan makanan Anda

Membiarkan ransel atau carier tidak di kunci

Orang sering lupa mengunci tas. Mungkin yakin tidak ada yang akan mencuri barang-barang Anda, tetapi apakah Anda sudah memikirkan akibatnya?

Packing secara tidak bijaksana

Jangan membawa apa pun yang tidak kita butuhkan atau jangan lupa sesuatu yang kita butuhkan. Pilih pakaian yang tepat perjalanan kita. Membawa pakaian yang cukup tetapi itu tidak berarti kita akan berkemas seperti seorang gadis yang packing selama seminggu untuk perjalanannya selama 2 hari. Satu hal lagi, pastikan peralatan anda dalam keadaan baik

Mabuk

Mabuk terlalu banyak sangat merugikan bahkan sampai tidak bisa mengendalikan diri. Apalagi jika anda sendirian, maka berhati-hatilah bahwa tidak ada orang yang melindungi kita karena mabuk dan ingat ini bukan kamar tidur anda tapi alam bebas.

Mengganggu tenda tetangga

Mungkin kita akan menemukan orang lain yang akan camping di dekat tenda kita. Berusahalah untuk bersikap lembut dan ramah.

Makan terlalu banyak

Jika kita makan terlalu banyak, membuat kita merasakan ingin selalu buang air. Untung jika tersedia toilet, bagaimana jika di tempat perkemahan tidak tersedia toilet?

Mengganggu satwa liar

Ini akan menjadi hal yang berbahaya jika mengganggu binatang buas. Ingat, anda adalah tamu di tempat itu dan itu adalah rumah mereka

Meninggalkan tempat berkemah tanpa membersihkannya

Ya, Anda bersiap untuk kembali ke rumah tetapi apakah sudah memeriksa dan membersihkan tempati itu kembali seperti semula atau lebih baik lagi?

Persiapan berkemah saat menghadapi keadaan darurat

Kita mungkin sudah memiliki pertanyaan berikut ini dalam benak kita. Bagaimana cara mengobati:
Terluka?
Hipotermia?
Hipertemia?
Keracunan Makan?
Apa yang dilakukan saat tersesat?

Keadaan Emergency! Jangan Khawatir. Jangan Panik..!! Sangat mengerikan jika mendapatkan situasi seperti itu. Disini akan dijelaskan bagaimana solusinya jika dihadapkan oleh masalah seperti diatas pada saat berkemah.

Jika Terluka

Jika terluka teramat serius, disarankan untuk kembali. Jika terluka tidak teramat serius makan gunakan P3K. Berhati-hatilah saat di perjalanan.

Hypotermia

Jika suhu tubuh 35 derajat C atau kurang:
- Segera lepaskan semua pakaian basah maupun sepatu yang basah
- Biarkan pasien minum air hangat terlebih dahulu untuk meningkatkan suhu tubuh
- Selimuti Pasien dengan selimut yang hangat atau dengan sleeping bag kering
- Merendam pasien di dalam air hangat dapat menyebabkan jantung tidak stabil, jangan lakukan itu
- Jangan menggunakan botol air panas langsung ke kulit, tetapi kita bisa menyelimutinya dengan sleeping bag
- Cari tau apa penyebabnya
- Jika kondisi nya belum baik, bersiaplah untuk meminta bantuan.

Hyperthermia

Jika suhu tubuh panas dan tidak normal:
- Bawa Pasien untuk berteduh
- Buka pakaian yang hangat
- Beri air minum
- Kipas-kipas pasien
- Jika belum membaik, kembalilah atau minta bantuan

Keracunan Makanan

Solusinya:
Hindari makanan padat saat merasa muntah
Hindari makanan pedas, goreng, berminyak
Minum atau menghirup air agar menghindari muntah
Minum larutan rehidrasi
Jangan minum obat anti mual

Dehydrasi

Solusinya:
Minum air yang banyak
Memberikan solusi rehidrasi untuk menggantikan garam atau mineral lainnya
Biarkan pasien istirahat
Pijat pasien agar relax

Tersesat saat camping

Solusi:
Gunakan Walkie Talkie
Gunakan Kompas atau GPS
Jika mungkin, jangan berjalan sendirian
Berteriaklah sekeras mungkin, siapa tau ada yang mendengarkan

Terkadang kesalahan itu terjadi karena kekonyolan kita sendiri yang mengabaikan hal-hal yang penting untuk dipahami saat persiapan camping atau persiapan berkemah. Tetaplah teliti, waspada agar aman dan selamat hingga kembali.

Jika ada teman-teman memiliki pengalaman pribadi silahkan berkomentar dibawah ini.

You may also like

Leave a Comment