Home Featured Rawa Bento Kerinci Destinasi Dijuluki The Amazone of Kerinci

Rawa Bento Kerinci Destinasi Dijuluki The Amazone of Kerinci

by Rhobie
0 comment

Rawa Bento dijuluki sebagai The Amazone of Kerinci. Mungkin masih banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah yang masih ragu mengunjungi objek wisata ini. Hal ini karena belum mendapatkan informasi. Padahal akses ke Rawa Bento tidak sesulit yang dibayangkan. Rawa Bento bukan rawa dataran rendah atau muara seperti sebagian besar rawa di indonesia. Melainkan salah satu rawa atau lahan basah tertinggi di Indonesia.

Rawa Bento "The Amazone of Kerinci"

Rawa Bento adalah Destinasi yang dijuluki The amazone Of Kerinci. Rawa pada umumnya ditemukan di hilir sungai dimana berbentuk genangan air dan memiliki arus air yang relatif lambat. Bebeda dengan rawa bento kerinci yang mana kawasan tersebut terendak oleh air tawar yang kaya akan mineral. Rawa air tawar bebeda dengan rawa gambut karena rawa gambut tebentuk karena adanya genangan air hujan. Sedangkan Rawa air tawar seperti rawa bento ini seperti aliran sungai dan menjadikan tempat ini sangat kaya fungsi seperti mampu mencegah banjir. Saat hujan deras rawa bento mampu menampung air dan secara perlahan mengalirkannya ke sungai. Kawasan The Amazone Of kerinci ini menyediakan nutrisi ke sungai yang berfungsi sebagai makanan untuk ikan maupun organisme lain yang hidup di kawasan The amazone of Kerinci ini.

Fungsi Rawa Bento bagi Penduduk setempat

Penelitian baru-baru ini oleh Kerinci Birdwatching Club dan mahasiswa pascasarjana dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah mengungkapkan bahwa Rawa Bento merupakan persinggahan bagi burung migran. Beberapa diantaranya datang ke Rusia seperti Wood Sandpiper dan Bebek Hitam Pasifik. Ada juga spesies endekmik (hanya ditemukan di Rawa Bento). Rawa Bento bertindak sebagai wastafel dimana endapan mengendap dari air yang mengalir masuk. Lahan basah berfungsi sebagai saringan bahwa air yang mengalir keluar dari rawa menjadi lebih bersih. Air yang mengalir dapat dijadikan oleh penduduk sebagai irigasi pertanian. Keunikan dan kekayaan serta surga nya para peneliti inilah rawa bento dijuluki sebagai The Amazone Of Kerinci.

Selain itu rawa bento adalah daerah pemijahan untuk ikan dan merupakan tempat perlindungan bagi kepiting dan udang air tawar. Rawa Bento juga dianggap memiliki beberapa fungsi pengaturan pada iklim lokal, tetapi penelitian masih perlu dilakukan untuk memahami hubungan antara rawa dan atmosfer lokal.

Gerbang Rawa Bento
Gerbang Rawa Bento

The Amazone of Kerinci ini pada mulanya adalah sebuah danau. Akibat sedimentasi aliran sungai di sekitarnya dari gugusan Gunung Kerinci, Gunung Tujuh menyebabkan semakin lama semakin dangkal. Sekarang rawa ini banyak ditutupi oleh rumput bento dan menjadi hutan rawa, sehingga dikenal dengan nama Rawa Bento.
Tempat Wisata menarik Lainnya: Danau Lingkat Kerinci

the amazone of kerinci
Pemandangan di tengah danau bento (rawa bento)

Rawa Bento sangat unik. Keunikannya tidak seperti rawa pada umumnya yang terletak di dataran rendah, dan juga bukan rawa air payau yang sering dijumpai. Akan tetapi objek  ini terletak pada ketinggian 1.375Mdpl dan merupakan Rawa Air Tawar dengan luas sekitar 1000Ha. Ekosistem Rawa terdiri atas rumput rawa gambut, hutan rawa kerdil serta danau rawa kecil.

Tabuh Larangan Kerinci

Ekosistem di Rawa Bento Kerinci

Ekosistem di Rawa Bento Kerinci terdapat rumput rawa gambut di dominasi oleh rumput bento (Leersia hexandra: Poaceae). Selain rumput bento ekosistem rumput rawa ini juga terdiri atas jenis rumput lainnya dari family Poaceae dan family Cyperaceae. Hutan rawa kerdilnya terdiri atas pohon –pohon Eugenia spicata, Palaqulum sp, Syzygium sp dll. Sungai danau bento memiliki banyak kandungan ikan seperti ikan semah (tor sp), ikan pareh (tor tambroides), ikan seluang (rasbora lateristriata) dan belut (monopterus albus). Di sepanjang tepi sungai dan danaunya dapat di temukan tanaman enceng gondok (Eichormia crasipes) dan kayu apu (Pistia stratiotes). (Sumber: Pesona Wisatan Indonesia)

Membuka Tabir keindahan kerinci

Akses Ke Rawa Bento

Terletak di Desa Jernih Jaya (Setelah Kersik Tuo), Kecamatan Gunung Tujuh, Jalan Raya Kerinci – Padang (Sekitar 50 M dari jalan raya Kerinci – Padang.). Membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Sungai Penuh.

eloknya pemandangan bukit tebing kerinci

Hal yang dinikmati di Rawa Bento Kerinci

Banyak hal yang dapat dilakukan, merasakan sensasi menelusuri sungai menggunakan perahu dan pastinya kita mendapatkan pengalaman baru.

Akses ke rawa bento the amazone of kerinci

Disini wisatawan juga bisa melihat ekositem burung. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan,  dapat ditemukan 13 junis burung air, dan 38 jenis burung lainnya. Total jenis burung yang terdapat ditemukan sementara ini adalah 51 jenis burung. Lima diantara 13 jenis burung air yang dapat di temukan  merupakan burung air migran yang hanya dapat di temukan di waktu-waktu tertentu. Selain Burung, kita dapat melihat simpai (Presbytis melalophos) yang bergantungan di atas pohon.

Baca: Danau Duo Kerinci

the amazone of kerinci

Tempat piknik untuk keluarga dengan merasakan suasana berbeda membuat objek wisata ini tak kalah menariknya dengan objek wisata lainnya yang ada di Kerinci.

Baca: Nikmati liburan di Danau tertinggi se asia tenggara

santai di rawa bento

Tips Berwisata ke Rawa Bento Kerinci

  1. Bawalah Teman, Keluarga agar kita bisa merasakan indahnya saat berkumpul.
  2. Menuju lokasi sebaiknya di Pagi Hari. Karena di waktu pagi mungkin cuaca sangat mendukung untuk berfoto ria. bahkan dari rawa bento kita bisa melihat gagahnya Gunung Kerinci menancap di Bumi.
  3. Pakailah pelampung yang telah disediakan saat menelusuri rawa bento demi keselematan.
  4. Bertemu dengan Orang-orang baru sangatlah mengesankan.
  5. Jika masih ragu dengan akses ke Rawa Bento, Hubungi Kami dan sebisa mungkin kami akan memberikan informasi yang dibutuhkan.
Foto Rawa bento
5/5 (5 Reviews)
Summary
Rawa Bento Destinasi Dijuluki The Amazone of Kerinci
Article Name
Rawa Bento Destinasi Dijuluki The Amazone of Kerinci
Description
Rawa Bento Kerinci ini di juluki sebagai The Amazone of Kerinci. Rawa air tawar seperti rawa bento ini seperti aliran sungai dan menjadikan tempat ini sangat kaya fungsi seperti mampu mencegah banjir
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment