Home Komputer & Tutorial Sekilas tentang Mikrotik

Sekilas tentang Mikrotik

by Rhobie
sekilas tentang mikrotik

Sekilas tentang mikrotik - merupakan OS untuk router dengan menawarkan banyak fitur. Fitur mikrotik yang paling sering digunakan oleh para teknisi jaringan adalah sebagai bandwidth mangement, firewall serta hotspot. Fitur mikrotik yang ditawarkan tergantung dari jenis-jenis mikrotik itu sendiri. Mikrotik ini sangat banyak digunakan baik di lingkungan perkantoran, warnet dan lain-lain. Sebelum mempelajari mikrotik ada baiknya kita mencari tau sekilas tentang mikrotik dan sejarah mikrotik dari banyak penjelasan yang diposting oleh teman-teman kita.

Menurut Moch Linto Herlambang dan Azis Catur L, Mikrotik adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router. Sistem operasi ini menawarkan solusi murah untuk membangun sebuah router karena instalasinya dapat dilakukan pada komputer (PC). Dan ada juga juga pada Router Board yang banyak dijual di Indonesia. Mikrotik tidak memerlukan resource yang cukup besar.

Pada Artikel ini akan dijelaskan tentang sejarah mikrotik, jenis-jenis mikrotik, fitur pada mikrotik.

Pengertian IP address dan kelas-kelas nya

Sejarah Mikrotik

Sejarah mikrotik, MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat si Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia berjumpa dengan Arnis, seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar Tahun 1995.

Related: Cara Membuat virus komputer

Tahun 1996 John dan Arnis mulai me-routing dunia (visi MikroTik adalah me-routing seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wiraless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Molcova, tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.

Related: Cara mengamankan mikrotik dari serangan hacker

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wiraless ISP (WISP), tetapi membuat program router yang andal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan “tempat eksperimen” John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu Negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar empat ratus pelanggannya. Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Karnel 2.2 yang di kembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 orang staf R&D MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di Negara-negara berkembang. Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka merekrut pula tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan insentif mengembangkan MikroTik secara marathon.

Jenis-Jenis Mikrotik

  1. MikroTik RouterOSTM adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumah (PC) melalui CD.
  2. Built in Hardware MikroTik merupakan dalam bentuk parangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang di dalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.

Fitur Pada Mikrotik

Mikrotik memberikan pilihan paket-paket yang akan diinstal sesuai dengan kebutuhan. Sistem Operasi MikroTik Sebagai Router yang memiliki fitur-fitur diantaranya:

a. Address List :

Pengelompokan IP Address berdasarkan nama interface

b. PPP :

PPP(Point to Point Protocol) merupakan paket yang memuat protokol PPP. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet(PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial mode asyncronous maupun mode synchronous

Related: Bahasa Pemrograman Populer untuk dipelajari

c. DHCP :

DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol), paket yang memuat fitur DHCP baik yang diperlukan untuk menjadi client maupun server.

d. Firewall dan NAT :

Mendukung penyaringan koneksi peer to peer, source NAT dan destination NAT

e. Advanced tools :

Memuat fitur e-mail client, ping, netwatch, traceroute, bandwith tester, traffic monitoring, mrtg, dan utility yang lain, untuk mengetahui kondisi router maupun jaringan. Fitur Netwatch merupakan salah satu fitur yang memungkinkan MikroTik menjadi lebih pintar dan dapat memilih konfigurasi berdasarkan script (urutan perintah) sesuai kondisi jaringan (netwatch).

f. Queues :

Melakukan prioritas dan mengatur traffik jaringan. tidak hanya sebatas membatasi saja tetapi lebih bertujuan untuk menjaga kualitas jaringan tersebut.

Related: Cara memblokir situs menggunakan mikrotik

g. ISDN :

MikroTik router dapat berfungsi sebagai ISDN client maupun server. Fungsi dial-up dapat diatur secara permanen ataupun dial-on-demand. IP address yang diberikan ISP dapat digunakan sebagai default route table.

h. NTP :

NTP ( Network Time Protocol) digunakan untuk menyelaraskan sistem waktu komputer dalam jaringan.

i. Security :

Berisikan dukungan untuk keamanan komunikasi. Paket ini diperlukan oleh MikroTik untuk menjalankan IP security(IP Sec), Secure Shell, dan untuk menjalankan WinBox pada mode aman.

j. UPS :

Fitur ini memudahkan administrator memonitor dan mengamankan router dari kerusakan akibat gangguan catu daya. Untuk melakukan pengamanan tersebut router akan selalu memonitor kondisi baterai UPS saat catu daya utama tidak tersedia. Jika kondisi baterai UPS dibawah 10% maka fitur ini memerintahkan rauter telah pada kondisi hibernate dan siap untuk kembali aktif saat catu daya utama kembali.

k. Web Proxy :

Mikrotik web proxy dalam saat yang bersamaan dapat difungsikan sebagai proxy HTTP normal maupun transparant.

Demikian penjelasan sekilas tentang mikrotik. Silahkan berikan komentar jika ada tambahan dari teman-teman pembaca.

5/5 (4 Reviews)

You may also like

Leave a Comment