Home Komputer & Tutorial Tutorial setting Mikrotik dari awal

Tutorial setting Mikrotik dari awal

by Rhobie
tutorial setting mikrotik dari awal

Tutorial setting mikrotik dari awal - Mikrotik Os menjadi router network hebat dan powerfull yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tools. Fitur atau tools tersebut baik untuk jaringan kabel maupun nirkabel. Dalam tutorial setting mikrotik ini akan dibahas tentang tutorial sederhana konfigurasi Mikrotik untuk kebutuhan yang spesifik dan umum yang biasanya diperlukan untuk server/router atau jaringan lain misalnya NAT, Briding, Pembagian Bandwidth dll.

Routing memainkan peran yang sangat penting dalam sebuah jaringan, terutama dalam mengelola jalur data dari suatu device ke device lainnya. Komputer yang bertanggung jawab untuk mengatur jalur dari sebuah jaringan disebut router. Mikrotik memiliki banyak fitur yang dapat digunakan sebagai DHCP, Proxy, Radius Server, DNS, VPN, serta menjadi router itu sendiri.

Related: Cara memeriksa port terbuka pada linux

Tutorial Setting Mikrotik dari Awal

Winbox

Dengan Winbox ini, kita dapat mendeteksi Sistem Mikrotik yang telah diinstal kapan saja di jaringan, yaitu dengan mendeteksi alamat MAC Ethernet yang dipasang di Mikrotik. Tampilan awal dari aktivasi pertama Winbox adalah sebagai berikut:

tutorial setting mikrotik dari awal

Pilih alamat MAC yang telah terdeteksi dan klik tombol Connect. Maka layar akan muncul seperti di bawah ini:

setting mikrotik

Memberi nama Mikrotik

Klik System -> Identity

setting mikrotik identity

Edit Nama identity yang diinginkan

Related: Inilah tools yang digunakan hacker pemula

Mikrotik

Mengganti Nama Interface

Mengganti nama interface

Cari menu interface, klik nama interface yang akan di edit, sehingga muncul halaman edit interface.

Setting IP Address Mikrotik

setting mikrotik dari awal

Untuk menambahkan alamat IP address, klik Menu +, lalu ketikkan alamat IP yang akan digunakan dan untuk nomor Ethernet mana. Selanjutnya, klik tombol OK. Setelah IP diatur, nomor IP address akan muncul di nomor IP address.

Setting Mikrotik sebagai Gateaway

Langkah selanjutnya dalam tutorial setting mikrotik dari awal ini adalah memilih default  gateway, yang melalui menu ip -> Routes, maka windows akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

setting gateway mikrotik

Related: Fungsi Port yang sering digunakan

Setting Mikrotik DNS

setting dns mikrotik

Setting Mikrotik Sebaga NAT

NAT yaitu cara utntuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke Internet menggunakan alamat IP. Terjemahan alamat jaringan, atau NAT, lebih dari satu cara untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke Internet menggunakan alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini adalah karena terbatasnya ketersediaan alamat IP dan kebutuhan akan keamanan dan kemudahan serta fleksibilitas manajemen jaringan.

Baca Juga: Cara Mengamankan Mikrotik dari serangan hacker

Saat ini, protokol IP yang paling umum digunakan adalah IP versi 4 (IPv4). Dengan panjang 4 byte, alamat itu berarti ada 2 rentang 32 = 4.294.967.296 alamat IP yang tersedia. Jumlah ini secara teoritis adalah jumlah komputer yang dapat terhubung ke Internet secara langsung. Karena batasan ini, sebagian besar ISP (Penyedia Layanan Internet) hanya akan menetapkan satu alamat pengguna dan alamat ini dinamis, yang berarti bahwa alamat IP yang diberikan akan berbeda setiap kali pengguna terhubung ke Internet. Di satu sisi, mereka membutuhkan banyak komputer yang terhubung ke Internet, tetapi di sisi lain, hanya satu alamat IP yang tersedia, yang berarti bahwa hanya satu komputer yang dapat terhubung ke Internet. Ini dapat diatasi dengan menggunakan metode NAT. Dengan gateway NAT yang berjalan di komputer, Anda dapat berbagi alamat IP dengan banyak komputer lain dan Anda dapat terhubung ke Internet secara bersamaan.

Sebagai contoh, kami ingin menyembunyikan LAN 192.168.0.0/24 di belakang alamat IP 202.51.192.42 yang disediakan oleh ISP. yang kita gunakan adalah masquerading. masquerading akan mengubah alamat IP asli dan data paket IP port jaringan 192.168.0.0/24 menjadi 202.51.192.42 untuk dikirim ke World Wide Web nanti.

Cara memblokir situs menggunakan mikrotik

Untuk menggunakan masquerading, Anda harus menambahkan sumber aturan NAT dengan aksi masquerade ke konfigurasi firewall:

Mikrotik sebagai nat

Setting Mikrotik sebagai DHCP

DHCP Server

1. Membuat address pool

address pool mikrotik

2. Tentukan Interface yang dipergunakan dan aktifkan DHCP Server

Setting DHCP Server
setting dhcp server

DHCP Client

setting mikrotik sebagai dhcp client

Setting Mikrotik sebagai Bandwidth Limiter

Mikrotik mampu untuk menjadi bandwidth limiter (queue) untuk mengendalikan atau mengatur alokasi data rate. Ada dua jenis pengaturan bandwidth limiter pada mikrotik, yaitu simple queue dan queue tree. Dalam tutorial ini kita akan membahas penggunaan simple queue.

Simple queue

Contoh kita akan membatasi speed client dengan IP 192.168.0.3 yaitu upload 128kbps dan download 128Kbps. Setting pada menu Queues -> Simple Queues.

setting mikrotik simple queue

Setting Mikrotik Sebagai Firewall

Mikrotik sebagai firewall yang handal dalam sebuah jaringan mampu mendeteksi atau memblock serangan DOS, SYN flood dan bentuk serangan lainnya. Firewall mikrotik sangat mudah untuk di manage. Contoh sederhana firewall untuk memblok jenis virus yang dapat berkeliaran di jaringan kita:

/ip firewall filter
add chain=forward connection-state=established comment=”allow established connections”
add chain=forward connection-state=related comment=”allow related connections”
add chain=forward connection-state=invalid action=drop comment=”drop invalid connections”
add chain=virus protocol=tcp dst-port=135-139 action=drop comment=”Drop Blaster Worm”

Script diatas mampu mencegah virus yang berkeliaran. Copas saja di terminal melalui winbox seperti berikut:

setting mikrotik firewall

Demikianlah tutorial setting mikrotik dari awal. Penulis hanya mencoba berbagi ilmu yang fakir ini. Jika ada tambahan atau masukan silahkan berkomentar di form yang telah disediakan untuk sharing ilmu pengetahuan Mikrotik.

Referensi: https://mikrotik.com
https://wiki.mikrotik.com

5/5 (2 Reviews)
Summary
Tutorial Setting Mikrotik Dari Awal
Article Name
Tutorial Setting Mikrotik Dari Awal
Description
Dalam tutorial setting mikrotik dari awal ini dibahas tentang tutorial sederhana konfigurasi Mikrotik. Dengan Winbox, kita mendeteksi Mikrotik
Author
Publisher Name
Ayo Nongkrong
Publisher Logo

You may also like

Leave a Comment